detikfood
Senin, 17/07/2017 17:32 WIB

Mie Ayam Enak

Ini Dia Warung 2 Mie Ayam Legendaris di Jakarta, Anda Wajib Coba!

Lusiana Mustinda - detikFood
 Ini Dia Warung 2 Mie Ayam Legendaris di Jakarta, Anda Wajib Coba! Foto: dok. DetikFood
Kalau penasaran dengan rasa mie ayam legendaris, datanglah ke sini. Ada mie bertekstur kenyal berpadu dengan potongan daging ayam berkuah cokelat yang mantap. Nyam!

Menilik sejarahnya, sajian ini merupakan adaptasi dari makanan China. Beberapa orang juga sering bingung untuk menyebutkan 'bakmi' atau 'mie ayam'. Perbedaannya biasanya ada pada penggunaan dagingnya, bakmi ditujukan dengan penggunaan daging babi. Akan tetapi karena daging babi tak umum dikonsumsi, sehingga bakmi pun dimodifikasi dengan isian daging ayam. Dan mie ayam yaitu mie yang direbus dengan bumbu dan diberi campuran daging ayam.

Baca juga: Sluurp! Ini Dia Mi Ayam Bakso Legendaris yang Enak di Jakarta!

Mie Ayam Gondangdia yang legendaris. Mie Ayam Gondangdia yang legendaris. Foto: dok. DetikFood

Bicara soal mie apa yang paling legendaris, Anda bisa mencoba kedua warung ini. Ada Mie Ayam Gondangdia dan juga Mie Ayam Bakso Yunus.

Mie ayam yang legendaris di Gondangdia lama, saat ini bernama Jalan R.P. Soeroso di Jakarta Pusat. Berdiri sejak tahun 1968, warung mie ayam ini didirikan oleh Toe Wah Seng akan tetapi kini didirikan oleh generasi ketiga. Akan tetapi, di tahun 2014, tepatnya pada 5 Desember 2014 warung mie ayam ini diserang oleh si jago merah.

Baca juga: Bertahan 46 Tahun, Mie Gondangdia Akhirnya Menyerah kepada Si Jago Merah

Kini mie ayam Gondangdia ini buka kembali di Jalan Cikini IV No. 12 A, Menteng. Walaupun memiliki sajian masakan China yang enak, tapi yang paling jadi andalannya adalah mie ayam bakso dan pangsit. Nyam! Mienya lembut dengan paduan potongan daging ayam berbumbu cokelat yang enak.

Selain Mie Ayam Gondangdia, ada juga yang legendaris yaitu Mie Ayam Yunus yang berada di kawasan Tebet Barat. Berbeda dengan mie Gondangdia yang diracik oleh keturunan China, Mie Ayam Yunus ini milik pria asal Wonogiri bernama H. Yunus. Sudah berdiri sejak tahun 1984, bahkan berkat kepopulerannya artis Krisdayanti pun suka mampir ke warungnya.

Mie ayam Yunus khas Wonogiri.Mie ayam Yunus khas Wonogiri. Foto: dok. DetikFood

Mienya yang tak tipis disajikan kenyal lembut dengan paduan potongan daging ayam berbumbu cokelat dengan paduan minyak ayam. Paling enak ditambah dengan bakso dan kerupuk pangsit. Harganya juga terjangkau, hmm enak!

Tertarik mencoba mie ayam legendaris ini, langsung saja datang ke gerainya!

Baca juga: Ragam Jenis Mi Bertopping Ayam yang Jadi Favorit Sepanjang Masa
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan