detikfood

Kamis, 13/07/2017 14:59 WIB

Pilih dan Masak Bahan Makanan Ini dengan Benar Agar Dapatkan Nutrisnya Maksimal (2)

Regita Lorena - detikFood
Pilih dan Masak Bahan Makanan Ini dengan Benar Agar Dapatkan Nutrisnya Maksimal (2) Foto: iStock
Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, makanan harus diolah dan dikonsumsi dengan benar. Baik sayuran, teh maupun buah segar.

Tak sekedar dikupas, dipotong dan dimasak, baik sayuran dan buah-buahan harus diolah dengan cara benar. Ini karena kandungan vitamin dan mineral sayuran dan buah segar cepat sekali hilang karena pemanasan.

Baca juga : Inilah Cara Sehat Mengolah Sayuran!

Beberapa bahan makanan ini juga perlu disiangi hingga dimasak dengan cara tepat agar nutrisinya tetap awet dan terserap maksimal oleh tubuh.

5. Saus salad

Banyak anggapan bahwa menggunakan saus salad tanpa lemak adalah ide yang baik. Tapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak memiliki manfaat jika dijadikan dalam campuran salad. Lemak pada salad dapat membuat orang akan tetap kenyang dan mendapatkan lebih banyak nutrisi dari salad. Seperti lutein, lycopene, beta-carotene dan zeaxanthin, karena tak mengalami proses pemasakan.

Buah apel.Buah apel. Foto: iStock

6. Apel dan Pir

Konsumsilah buah apel dan pir yang masak. Salah satu studi menunjukkan bahwa proses pemasakan buah memungkinkan pecahnya klorofil dalam apel dan pir, sehingga menghasilkan lebih banyak antioksidan sangat aktif dalam buah.

7. Brokoli

Brokoli dipercaya cukup efektif dalam pencegahan kanker payudara dan kanker kulit. Tapi cobalah untuk tidak merebus atau menggoreng brokoli yang akan dikonsumsi.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 menemukan bahwa mengukus adalah satu-satunya metode memasak brokoli yang benar, yang dapat meningkatkan komponen zat pencegah kanker.

Saat memakan brokoli kukus, makanlah dengan makanan pedas. Sebuah studi pada tahun 2012 menemukan bahwa menambahkan makanan pedas ke brokoli dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah kanker.

Pilih dan Masak Bahan Makanan Ini dengan Benar Agar Dapatkan Nutrisnya Maksimal (2)Mustard. Foto: Istimewa

8. Mustard

Mustard adalah bumbu yang enak jika ditambahkan ke dalam saus, salad dan sandwich. Pililah mustard kuning untuk dikonsusmi. Mustard kuning mengandung senyawa yang disebut kurkunim (ramuan aktif dalam kunyit) yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan