detikfood
Kamis, 13/07/2017 14:37 WIB

Pilih dan Masak Bahan Makanan Ini dengan Benar Agar Dapatkan Nutrisnya Maksimal (1)

Regita Lorena - detikFood
Pilih dan Masak Bahan Makanan Ini dengan Benar Agar Dapatkan Nutrisnya Maksimal (1) Foto: iStock
Bahan makanan bernutrisi sangat diperlukan tubuh. Karenanya pilih dan masak bahan makanan dengan benar agar nutrisinya optimal diserap tubuh.

Kacang, apel, atau kentang memiliki kandungan nutrisi yang tidak sama. Ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah nutrisi yang didapatkan dari makanan. Faktor tersebut dapat berupa metode memasak, pelengkap makanan, dan variasi makanan yang dikonsumsi.

Baca juga : Agar Beri Nutrisi Maksimal, Ini Cara Benar Makan Buah

Dikutip dari huffingtonpost (2/12) dan beberapa sumber, berikut ini pilihan makanan dan cara terbaik mengolah dan mengonsumsinya.

1. Kentang

Saat mengonsumsi kentang pilihlah kentang merah, bukan kentang putih yang biasa digunakan. Sebuah studi menunjukkan bahwa kentang ungu atau merah dapat memberi manfaat terbaik. Seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker.

Wortel yang mengandung vitamin A.Wortel yang mengandung vitamin A. Foto: Getty Images

2. Wortel

Sup sering diberi campuran wortel. Biasanya wortel akan dipotong-potong untuk dimasukkan ke dalam sup. Menurut sebuah studi memotong wortel dapat meningkatkan ukuran permukaan atau memperlebar dan memungkinkan banyak nutrisi yang terlepas dari wortel.

3. Teh

Jika ingin nutrisi pada teh tetap tinggi, hindarilah memasukkan susu ke dalam teh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambahkan susu ke dalam teh dapat menghilangkan beberapa manfaat sehat teh. Minumlah teh hijau dengan menambahkan sedikit sari buah agar manis. Vitamin C dalam sari buah dapat membantu meningkatkan khasiat nutrisi teh hijau.

Bawang putih.Bawang putih. Foto: Getty Images

4. Bawang Putih

Saat memasak, jangan terburu-buru menghancurkan bawang putih yang akan digunakan. Penelitian menunjukkan bahwa menghancurkan bawang putih dan membiarkannya setidaknya selama sepuluh menit, dapat melepaskan enzim yang disebut alicin. Enzim ini terbukti dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan