detikfood

Senin, 10/07/2017 11:23 WIB

Ini Cara Mudah Menyimpan Tomat Agar Tak Cepat Layu

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Ini Cara Mudah Menyimpan Tomat Agar Tak Cepat Layu Foto: Getty Images
Selama ini tomat selalu disimpan dalam kulkas agar tahan segar lebih lama. Namun, ada cara lebih gampang untuk menjaga kesegaran tomat.

Tomat merupakan sayuran yang mudah diolah dan dipadukan dengan berbagai bahan. Karenanya banyak orang selalu menyimpan tomat sebagai persediaan.

Jika disimpan dalam keadaan masak di kulkas, tomat segar bisa tahan hingga 2 minggu. Tetapi, dengan cara sederhana ini tomat bisa tahan segar lebih lama.

Foto: Getty Images


Baca Juga: Peneliti Temukan Cara Membuat Tomat Tak Cepat Busuk

Dikabarkan oleh dailymail (28/6) J. Kenji López-Alt, chef yang sering tampil dalam video di kanal YouTube punya solusi mudah. Ia menyarankan untuk membuang tangkai tomat sebelum disimpan di kulkas.

Tangkai tomat membuat cairan atau jus dalam tomat akan menguap sehingga kulit tomat menjadi kisut atau keriput. Padahal untuk menjaga kesegaran tomat, kulit tomat harus dicegah jangan sampai keriput.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Tomat Tidak Boleh Disimpan di Lemari Es

Foto: Getty Images


Selanjutnya taruh tomat segar dalam wadah datar, dengan posisi bagian tangkai menghadap ke bawah. dengan cara ini jus tomat akan tetap awet dan kulit tomat tidak cepat keriput. Inilah yang membuat kesegaran tomat bertahan lebih lama.
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan