detikfood

Selasa, 04/07/2017 14:48 WIB

Ini 10 Trik Berikan Fast Food pada Anak Agar Tetap Sehat Asupannya (2)

Lusiana Mustinda - detikFood
Ini 10 Trik Berikan Fast Food pada Anak Agar Tetap Sehat Asupannya (2) Foto: Getty Images
Siapa bilang makan fast food selalu tak sehat. Asal tahu caranya bisa diimbangi dengan beberapa makanan agar asupannya tetap sehat.

Fast food biasanya disajikan dengan beberapa makanan tinggi karbohidrat, berlemak dan tinggi sodium. Sehingga banyak orang tua yang tidak membolehkan anak untuk konsumsi fast food. Jika Anda tahu bagaimana cara menyeimbangkan asupan makanan bergizi, Anda bisa memberikan kebebasan anak untuk menikmati fast food sekali dalam seminggu dengan cara sehat dari CNN ini.

6. Tetapkan pilihan sebelumnya
Jika Anda tidak ingin memesankan kentang goreng atau Anda ingin anak mengonsumsi sayur dan buah, biarkan anak tahu sebelumnya. "Cara sederhananya adalah orang tua dapat membantu anak membuat pilihan makanan sehat dengan komunikasi dan rencana ingin pesan apa sebelum pergi ke gerai fast food. Mengelola keinginan seorang anak bisa dapat membantu kemungkinan anak mengamuk saat hendak memesan makanan," ujar Silber.

Itu juga sangat penting bagi orang tua untuk memikirkannya terlebih dahulu, walaupun akan ada keinginan makan yang lain saat memesan. Jika orang tua memiliki masalah dengan beberapa makanan yang disediakan gerai tersebut, Anda bisa membuat solusi lain.

"Jika Anda membawa anak ke restoran cepat saji yang menyajikan burger, dan anak senang akan menikmatinya," kata Castle. Jika sudah begini, menurut Castle, Anda perlu memahami bahwa Anda sudah masuk dalam zona ini dan jika merasa tidak nyaman dengan pilihan tersebut, Anda perlu membuat alternatif lain seperti membawa bekal sayur dan buah. Tentu ini perlu dipikirkan sebelum Anda pergi.

Baca juga: Hati-hati! Tiap Kali Makan Fast Food, Indeks Massa Tubuh Akan Naik 0,03

7. Tentukan dessert terlebih dahulu

Makanan penutup.Makanan penutup. Foto: iStock
Membuat keputusan tentang memilih makanan penutup atau dessert terlebih dahulu bisa membantu Anda," kata Castle. Jangan terlalu memposisikan dessert sebagai makanan yang wajib dicoba. Ketika sudah kenyang dengan burger, sebaiknya alihkan dessert dengan pilihan makanan penutup berupa buah.

8. Duduk bersama
Agar anak bisa dengan tenang saat makan, sebaiknya biasakan mereka duduk bersama. Beberapa restoran cepat saji memiliki arena bermain untuk anak sehingga bisa saja mereka makan sambil bermain. Dengan makan bersama di meja, Anda bisa lebih mudah mengontrol anak-anak dan bisa membuat ia belajar lebih disiplin saat makan.

9. Ajari kebiasaan sehat

Ajarkan kebiasaan makan sehat untuk anak.Ajarkan kebiasaan makan sehat untuk anak. Foto: Thinkstock
Kebiasaan memilih makanan sehat bisa dimulai sejak dini. Kalaupun ingin menikmati fast food, anak-anak akan langsung secara otomatis memilih bersama dengan paduan salad sayuran. Dan ini akan berlanjut sampai mereka remaja.

Baca juga: Ajari Anak Makan Sehat dengan Cara Ini!

10. Jadilah contoh yang baik

Orang tua bisa menjadi contoh bagi anak-anaknya dengan membuat pilihan makanan sehat untuk keluarga. Seperti memilih ayam panggang dibandingkan dengan menggoreng, Anda sudah dapat memotong kalori dalam makanan.

Walaupun begitu, anak-anak memerlukan konsumsi makanan sehat dan seimbang. Karena diusia ini si kecil perlu mengasup makanan yang kaya akan protein hingga vitamin dan mineral untuk membantu pertumbuhan sel dan otaknya.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan