detikfood

Selasa, 04/07/2017 12:46 WIB

Cegah Perut Buncit, Ini 6 Cara Atur Asupan Makanan di Kantor

Lusiana Mustinda - detikFood
Cegah Perut Buncit, Ini 6 Cara Atur Asupan Makanan di Kantor Foto: iStock
Menjalani gaya hidup sehat bisa jadi kunci utama punya badan langsing. Banyaknya pekerjaan membuat Anda stres dan akhirnya memilih makanan tak sehat.

Saat di kantor hampi 9-10 jam Anda terpaku pada monitor dan segudang pekerjaan yang menumpuk. Aktifitas fisik yang dilakukan juga tak berat, hanya duduk dan berdiri sesekali. Agar terhindar dari meningkatnya berat badan dan juga perut buncit, Anda perlu menyiasati memilih makanan selama makan di kantor.

Baca juga: Cegah Perut Buncit, Ini 6 Cara Tetap Memilih Makanan di Kantor

Dikutip dalam Boldsky (04/07), ini cara pintar dan praktis mengatur makanan yang dikonsumsi saat sedang sibuk bekerja di kantor.

1. Bekal makanan

Bekal makanan sehat di kantor.Bekal makanan sehat di kantor. Foto: iStock
Memasak makanan sendiri selalu jadi pilihan terbaik untuk memastikan makanan yang dikonsumsi adalah sehat. Dengan banyaknya pekerjaan yang sedang dilakukan, Anda bisa menikmati makanan sehat saat jam makan siang.

Tak sulit untuk membuat makanan sehat. Sandwich dengan isian telur dan sayuran bisa jadi pilihan. Selain itu membawa bekal dengan kandungan gizi yang seimbang seperti protein, sayur dan karbohidrat juga dapat Anda siapkan sendiri di rumah.

Selain itu, membawa bekal makanan bisa menghindari Anda dari penyakit dan juga lebih hemat. Karena makanan yang dijual di luar belum tentu higienis atau bersih.

Baca juga: Mau Bawa Bekal Praktis? Bikin Saja Roti Isi Salad Telur dan Sosis

2. Siapkan botol air minum

Botol air minum untuk persediaan di kantor.Botol air minum untuk persediaan di kantor. Foto: Thinkstock
Di meja kerja, sangat dianjurkan untuk menyiapkan botol air minum agar tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat membuat Anda kehilangan keuatan, stamina dan juga konsentrasi, sehingga dengan minum cukup air, Anda tidak akan selalu meraih camilan tidak sehat sekaligus bisa bekerja dengan maksimal.

Kalau Anda kurang minum, bisa terjadi konstipasi, penyakit ginjal dan kerusakan otot. Kantor menjadi tempat dimana banyak orang menghabiskan waktu secara maksimal dalam hidupnya, sehingga perlu mengonsumsi 8 gelas air minum sehari dengan cara membawa botol.

3. Camilan sehat

Camilan kacang-kacangan.Camilan kacang-kacangan. Foto: iStock
Camilan tidak selalu buruk, Anda bisa menyiapkan beberapa camilan enak seperti kacang-kacangan panggang. Camilan ini lebih sehat dibandingkan Anda ngemil keripik asin. Kacang-kacangan mengandung protein dan serat yang dapat puaskan hasrat lapar, sehingga cocok jadi camilan sehat selama di kantor.

4. Sedia buah

Salad buah untuk camilan sehat di kantor.Salad buah untuk camilan sehat di kantor. Foto: iStock
Selain kacang-kacangan, buah juga menjadi yang utama untuk membantu jaga berat badan tetap stabil. Buah segar seperti apel, jeruk, apel hingga pisang bisa jadi pulihan cerdas. Buah-buahan mengandung serat dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh sehingga membawa buah ke kantor jadi pilihan tepat.

Menikmati buah pisang dengan segelas susu bisa membantu tubuh Anda lebih berenergi dan bebas dari defisiensi vitamin dan juga mineral.

5. Oatmeal instan

Cegah perut buncit dengan oatmeal.Cegah perut buncit dengan oatmeal. Foto: iStock
Daripada menyimpan keripik sebagai penolong lapar, oatmeal instan bisa jadi pilihan tepat. Saat pekerjaan menumpuk dan tak sempat untuk membeli atau menyiapkan makanan di rumah, Anda bisa meracik oatmeal instan dengan tambahan potongan buah segar dan kacang-kacangan. Oatmeal ini tinggi akan serat sehingga sangat baik untuk menjaga berat badan tetap stabil dan juga membantu mengendalikan kolesterol darah.

6. Hindari junk food

Hindari junk food, agar perut tak buncit.Hindari junk food, agar perut tak buncit. Foto: iStock
Anda perlu berfikir dua kali saat ingin makan junk food. Karena jika Anda menjadi salah satu pecandu junk food, maka akan terjadi obesitas, timbulnya penyakit kardiovaskular, diabetes hingga masalah gigi.

Junk food dikenal dengan makanan yang mengandung tinggi lemak, garam (natrium) dan juga kurang serat. Jadi batasi makanan ini, pastikan dalam beberapa bulan Anda hanya menikmati junk food maksimal 1-2 kali.

Baca juga: Saat Sedang Lelah Anda Justru Ingin Makan Junk Food? Ini Sebabnya!
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan