detikfood

Senin, 03/07/2017 17:26 WIB

Ini 5 Tips untuk Kurangi Asupan Kalori Tanpa Merasa Tersiksa

Maya Safira - detikFood
Ini 5 Tips untuk Kurangi Asupan Kalori Tanpa Merasa Tersiksa Foto: iStock
Diet biasanya identik dengan pola makan yang menyiksa. Tapi sebenarnya Anda bisa membuat diet lebih menyenangkan. Ikuti saja tips ini.

Setelah lebaran, bisa saja berat badan makin bertambah. Diet jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebenarnya ada diet yang lebih mudah diikuti. Straits Times berbagi tips memangkas kalori makanan tanpa membuat tersiksa.

Baca juga: Ini 6 Trik Jitu Pangkas Lemak Membandel di Perut

Ini 5 Tips untuk Kurangi Asupan Kalori Tanpa Merasa TersiksaFoto: iStock


1. Pilihan dessert
Anda tetap bisa menyantap dessert, tapi pilih yang lebih sehat. Kalau sedang ingin menyantap mousse cokelat, Anda bisa membuatnya dengan beberapa bahan pengganti. Misalnya kreasi mousse vegan.

Untuk cake, gunakan puree apel dan kayu manis untuk mengganti gula. Kayu manis menurunkan kadar gula dalam darah. Ini membantu mengatur tingkat gula darah. Jika cuaca panas, buat sorbet dan es krim rendah kalori berbahan yogurt dan puree buah.

2. Camilan sehat
Daripada tergoda cokelat batangan, biskuit atau pastry, cobalah ganti dengan pilihan lebih tepat. Seperti pisang, dark chocolate atau almond yang mengandung kalsium dan asam lemak esensial seperti omega-3.

Pisang yang mengandung 89 kalori per 100 gram juga kaya potassium, magnesium dan mangan. Ini baik untuk pencernaan, membuat kenyang dan mengatasi air yang tertahan di tubuh. Saat makan buah, pilihlah yang jenis kurang manis. Misalnya strawberry, apel, pir, jeruk, dan anggur.

Ini 5 Tips untuk Kurangi Asupan Kalori Tanpa Merasa TersiksaFoto: iStock


3. Makanan di piring
Agar penururan berat badan bisa terjadi, perhatikan susunan makanan di piring. Lengkapi konsumsi karbohidrat dengan sayuran hijau pilihan Anda. Kombinasinya membantu membatasi asupan karbohidrat karena serat yang membuat kenyang.

4. Minum air
Ingin memangkas 200 kalori meski tanpa bergerak? Minumlah 7 gelas air per hari daripada hanya sekitar 4 gelas. Menurut sebuah studi di Amerika, peningkatan asupan air meski hanya satu persen bisa mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Begitu pula dengan asupan gula, sodium dan lemak.

Baca juga: Suka Makanan Jepang? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Sushi hingga Ramen

Ini 5 Tips untuk Kurangi Asupan Kalori Tanpa Merasa TersiksaFoto: iStock


5. Di restoran Jepang
Hati-hati dengan pilihan tinggi indeks glikemik seperti sushi dan maki. Ini terbuat dari cuka dan gula. Sebanyak 12 sushi bisa mengandung 350 kalori. Lebih baik konsumsi sup miso dan sashimi dengan sedikit nasi.

(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan