detikfood

Sabtu, 01/07/2017 15:18 WIB

Ini 5 Tahapan Usia Anak untuk Panduan Pemberian Makanan Padat

Lusiana Mustinda - detikFood
Ini 5 Tahapan Usia Anak untuk Panduan Pemberian Makanan Padat Makanan Padat Sudah Bisa Diperkenalkan pada Anak Usia 6 Bulan (Foto: iStock)
Ketika si kecil berusia 6 bulan lebih, sudah saatnya diperkenalkan pada makanan. Agar tak salah pemberian makanan harus sesuai tahapan usianya.

Pemberian ASI sangat dianjurkan untuk anak usia 6 bulan karena lebih mudah dicerna dibandingkan dengan susu sapi. Dalam pengenalan makanan untuk si kecil tentu ada tahapannya.

Saat mengenali makanan di tahapan awal, alergi juga menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Jika Anda ragu terhadap makanan tertentu, bisa memperkenalkan satu makanan baru fan menunggu setidaknya 3-4 hari sebelum mencoba makanan lain.

Saat menyiapkan makanan untuk anak, pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih. Berikut ini tahapan dalam memperkenalkan makanan untuk si kecil.

Ini 5 Tahapan Usia Anak untuk Panduan Pemberian Makanan PadatAnak Dibawah 6 Bulan Sebaiknya Hanya Diberi ASI (Foto: iStock)

1. Kelahiran sampai 6 bulan
Pada usia ini bayi hanya disarankan konsumsi ASI sebagai makanannya. ASI mengandung enzim yang berfungsi untuk tingkatkan sistem imunitas sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

2. Usia 6 bulan
Pada usia 6 bulan, kebanyakan bayi siap konsumsi makanan padat. Beberapa bayi bisa mencapai tahapan ini lebih awal ataupun lambat. Ada beberapa tanda yang menunjukkan si kecil sudah siap mencoba makanan padat atau belum.

Jika bayi Anda bisa membuka mulutnya saat sendok mendekati mulutnya dan bisa menutup mulutnya serta membuat gerakan mengunyah dengan rahangnya. Dan ketika ia menggunakan semua jarinya dan bisa membawanya ke mulut berarti si kecil sudah bisa diperkenalkan makanan yang lembut.

Ini 5 Tahapan Usia Anak untuk Panduan Pemberian Makanan PadatDi Usia 7 Bulan Anak Sudah Mudah Diberi Makanan Melalui Sendok (Foto: Thinkstock)

3. 7 bulan
Sebagian besar bayi akan lebih nyaman menikmati makanan padat diusia tujuh bulan. Mereka bisa dengan mudah diberi makanan melalui sendok di usia ini. Selain itu, si kecil juga sudah mulai mahir menggenggam makanan, minum dari gelas dan mengambil makanan dengan bantuan jarinya.

Walaupun mungkin akan berantakan akan tetapi anak-anak membutuhkan banyak latihan untuk menyempurnakan tindakannya.

4. 8-10 bulan
Diusia ini bayi Anda akan lebih mahir dalam soal menikmati makanan. Bayi akan belajar melengkungkan bibirnya ke bagian atas gelas untuk menghindari tumpahan cairan saat minum. Ia juga dapat mengunyah makanan lebih baik tapi mungkin tidak bisa menutup mulutnya sepenuhnya.

Bayi Anda akan menggunakan gerakan diagonal rahangnya untuk mengunyah makanan dengan lebih baik. Ia juga akan menjadi lebih terbiasa makan makanan padat dan akan mulai konsumsi makanan lembut lebih sedikit.

Ini 5 Tahapan Usia Anak untuk Panduan Pemberian Makanan PadatAnak Usia 1 Tahun Sudah Bisa Mengunyah dengan Baik (Foto: iStock)

5. 10 bulan - 1 tahun
Menjelang usia 1 tahun, bayi akan belajar memberi makan dirinya sendiri meskipun belum sempurna. Pada usia ini, anak akan belajar memegang botol, cangkir dan sendok. Dia akan dengan mudah menggunakan bibirnya untuk mengambil makanan dari sendok dan mengunyah makanan sebelum menelannya.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan