detikfood

Rabu, 28/06/2017 11:29 WIB

Hanya Punya 24 Jam di Semarang? Mampirlah ke 6 Tempat Ini untuk Makan Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Hanya Punya 24 Jam di Semarang? Mampirlah ke 6 Tempat Ini untuk Makan Enak Foto: Hello Semarang
Punya waktu singkat bukan berarti tak bisa kulineran enak di Semarang. Ada beberapa tempat makan yang patut Anda sambangi saat ke ibukota Jawa Tengah ini.

Tahun ini mudik atau melintas di Semarang? Pastikan puaskan selera dengan menjajal 6 tempat berikut. Mulai dari sarapan soto ayam hingga belanja lunpia lezat sebagai oleh. Cek daftar lengkapnya seperti dirangkum dari 100 Mak Nyus Joglosemar ini.

1. Soto Selan

Foto: Soto Selan (Trip Advisor)


Racikan soto ayam hangat berbumbu kuning bisa jadi pilihan untuk mengawali hari di Semarang. Kuahnya gurih segar dengan isian suwiran ayam, tauge dan bawang putih goreng. Makin enak dilahap dengan sate kerang atau sate telur puyuh yang jadi pelengkapnya. Rumah Makan Soto Selan juga punya ayam goreng kalasan yang patut dicicip.

Soto Selan
Jl. Depok No. 36 D
Kembang sari, Semarang Tengah
Telepon: 024 3520842

2. Tahu Pong

Foto: Tahu pong (Hello Semarang)


Tak lengkap ke Semarang tanpa mencicip tahu pong. Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1930-an dan merupakan akulturasi budaya peranakan. Nama 'pong' sendiri merujuk pada kata kopong yang berarti kosong karena tahu ini memang tidak ada isinya. Kalau mau cicip tahu pong enak mampirlah ke Jalan Gajahmada. Di sini Anda bisa cicip Tahu Komplit yang terdiri dari pong, emplek, gimbal dan telor. Makin enak saat dicocol ke kuah petis.

Tahu Pong
Jl. Gajah Mada No. 63B
Kembangsari, Semarang Tengah
Telepon: 024 3556440

3. Spiegel

Foto: Spiegel Bistro


Menempati bangunan berusia lebih dari 100 tahun, Spiegel jadi salah satu tempat yang patut dikunjung di Semarang. Dulunya bangunan ini adalah sebuah toko mebel, tapi kini berubah jadi restoran yang cocok untuk afternoon tea atau sekadar ngopi. Ada juga aneka menu Barat seperti steak dan pasta untuk pilihan makan 'berat.'

Spiegel
Jl. Letnan Jenderal Suprapto No.34
Tanjung Mas, Semarang Utara
Telepon: 024 3580049

4. Nasi Goreng Babat Pak Hengky

Foto: Nasi goreng babat (Metro Semarang)


Singgah mencicip nasi goreng babat di Semarang adalah hal wajib. Racikan Pak Hengku bisa jadi tujuan karena babatnya empuk dan tanpa bau anyir. Saat ke sini cicip juga paru gorengnya yang diunggulkan. Tentu enak dipadu nasi goreng dan kerupuk renyah.

Nasi Goreng Babat Pak Hengky
Jl. Puri Anjasmoro
Tawangsari, Semarang

5. Ronde Istana Wedang

Foto: Wedang ronde (detikfood)


Saat hari beranjak malam, mampirlah ke RM Istana Wedang untuk menghangatkan diri. Di sini ada berbagai minuman panas seperti wedang ronde, sekoteng, ceng teng, dan wedang kacang. Kalau mau makan tersedia bistik ayam, galantine, lontong opor dan nasi goreng sebagai pilihan.

RM Istana Wedang Puri Anjasmoro
Ruko Puri Anjasmoro Blok D1 No.3

Jalan Pringgading No.46

6. Lunpia Mbak Lien

Foto: Lunpia (Hello Semarang)


Akhiri petualangan kuliner di gerai Lunpia Mbak Lien. Panganan berisi tumisan rebung, ayam atau udang ini jadi oleh-oleh wajib dari Semarang. Makin enak dicocol saus berwarna coklat, cabe rawit, acar atau daun bawang khas Mbak Lien. Tak perlu khawatir cepat basi, lunpia di sini bertahan hingga dua hari. Cara menghangatkannya tinggal digoreng kembali dan dikukus untuk lumpia basah.

Lunpia Mbak Lien
Jl. Pemuda Gang Grajen No.1
Bangunharjo, Pandansari, Semarang Tengah
Telepon: 024 3580734
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan