detikfood

Jumat, 16/06/2017 18:39 WIB

Ini Sebabnya Setelah Makan, Orang Selalu Ingin Makan Dessert

Sonia Permata - detikFood
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya 1 dari 5 Next »  
Ini Sebabnya Setelah Makan, Orang Selalu Ingin Makan Dessert Foto: iStock
Jakarta - Rasa manis disukai banyak orang. Sayangnya asupan gula berlebh bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Karenanya perlu diatur asupannya.

Menurut ahli gizi dari Bangalore, India, Dokter Anju Sood setelah makan, tubuh manusia menghabiskan sebagian besar energi untuk mencerna makanan yang masuk. Karenanya tubuh membutuhkan asupan energi. Salah satunya dari gula yang merupakan sumber energi instan.

Namun dalam kebanyakan kasus, keinginan untuk menyantap makanan manis sebenarnya lebih disebabkan oleh dorongan pskologis dibandingkan fisiologis. Keinginan ini muncul dari kebiasaan orang selalu mengakhiri kegiatan bersantap dengan makanan manis.

Penyebab lainnya, peningkatan produksi serotonin, neurotransmitter, yang dikaitkan dengan suasana hati. Gula menyebabkan kadar serotonin meningkat yang membuat orang merasa lebih bahagia, lebih tenang, dan puas.

Akan tetapi Anda tidak bisa langsung menghentikan semua asupan gula, menurut Food NDTV (15/06/17), ada 4 cara mudah untuk mengurangi asupan gula.




Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).