detikfood

Jumat, 26/05/2017 14:33 WIB

Anak Berusia Kurang dari Setahun, Sebaiknya Jangan Diberi Jus Buah

Lusiana Mustinda - detikFood
Anak Berusia Kurang dari Setahun, Sebaiknya Jangan Diberi Jus Buah Foto: iStock
Di tahun pertama pengenalan makanan, Anda perlu perhatikan jenisnya. Jus buah tidak disarankan diberikan pada anak usia di bawah satu tahun. Ini alasannya.

Menurut para ahli yang dikeluarkan oleh American Academy of Pediatrics, jus buah tidak memberikan cukup nutrisi pada anak-anak terutama di usia bawah satu tahun. Selain itu, jus buah juga dinilai mengandung minim serat dan justru dapat tingkatkan risiko tingkatkan berat badan.

"Orang tua mungkin menganggap jus buah sebagai makanan sehat, tapi bukan sebagai pengganti buah segar. Karena jus mengandung gula dan kalori yang lebih banyak," tutur Melvin Heyman, Fellow dari American Academy of Pediatrics (FAAP) dalam Boldsky (25/05).

Anak Berusia Kurang dari Setahun, Sebaiknya Jangan Diberi Jus BuahFoto: iStock


"Dengan porsi yang lebih sedikit boleh diberikan pada anak yang berusia di atas satu tahun. Tapi sama sekali tidak perlu diberikan pada anak di bawah satu tahun," tambah Heyman.

Menurut Forbes (22/05), para dokter berusaha menemukan cara untuk melawan epidemi obesitas. Sehingga disarankan untuk tidak menawarkan jus buah kepada anak di bawah usia 6 bulan, namun diperluas hingga tahun pertama usia si kecil.

Meskipun ada penurunan konsumsi jus antara tahun 2008 dan 2013, akan tetapi catatan terakhir hampir setengah dari jumlah asupan buah anak dan remaja dalam bentuk jus. Meskipun proporsinya juga menurun baru-baru ini.

Anak Berusia Kurang dari Setahun, Sebaiknya Jangan Diberi Jus BuahFoto: iStock


"Kami tahu bahwa konsumsi jus buah yang berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan dan kerusakan gigi," jelas Steven Abrams, MD selaku ketua pediatri di University of texas di Austin Dell Medical School dan seorang neonatologi di Dell Children's Medical Center di Austin.

Rekomendasi baru menyatakan bahwa 100 persen jus buah segar atau yang dilarutkan bisa jadi minuman sehat untuk anak-anak yang usianya di atas 1 tahun. Saat dikonsumsi secara moderat sebagai bagian dari diet seimbang.

Bagaimanapun, konsumsinya harus dibatasi tergantung pada usia anak-anak. Asupan jus harus dibatasi paling banyak 113,3 gram setiap hari untuk balita usia 1-3 tahun. Para ahli merekomendasikan agar balita tidak diberi jus sari botol atau gelas "sippy" yang mudah dibawa karena memungkinkan mereka untuk konsumsi jus dengan mudah sepanjang hari.

Eksposur gigi yang berlebihan terhadap karbohidrat juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Balita tidak boleh diberi jus saat tidur. Anak-anak perlu didorong untuk konsumsi buah utuh dan diberi pengetahuan tentang manfaat buah utuh yang segar.
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan