detikfood

Kamis, 25/05/2017 13:57 WIB

Inilah 'Pressure Cooker' yang Populer Dipakai Sebagai Bom Panci

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Inilah Pressure Cooker yang Populer Dipakai Sebagai Bom Panci Foto: Serious Eats
Panci presto atau pressure cooker jadi melambung namanya karena dipakai sebagai wadah meracik bom. Apa sebenarnya kelebihan panci ini?

Bom panci kembali jadi pilihan teroris untuk menyebarkan ketakutan. Termasuk bom bunuh diri di Kampung Melayu. Bukan panci biasa yang dipilih tetapi panci bertekanan atau pressure cooker.

Pressure cooker atau panci bertekanan populer dengan sebutan panci presto. Ini karena dulu yang menjadi pelopor memakai merk 'Presto'. Setelah itu jenis panci ini disebut 'panci presto'.

Inilah 'Pressure Cooker' yang Populer Dipakai Sebagai Bom PanciFoto: Istimewa

Pertama kali panci ini diperkenalkan oleh ahli fisika Denis Papin tahun 1679. Kini bentuk sederhana panci ini sudah mengalami berbagai penyesuaian hingga mencapai generasi ketiga.

Pada panci generasi pertama, panci terbuat dari aluminium tebal dilengkapi dengan tutup dengan cerobong uap yang besar. Saat air mendidih dalam panci menciptakan uap panas maka dari cerobong akan terdengar suara sangat keras.

Generasi kedua lebih sederhana, panci dilengkapi dengan dua katup. Satu katup bisa dipakai untuk melepas uap air dalam panci sehingga tekanan bisa diturunkan. Sementara pada generasi ketiga yang diperkenalkan pada tahun 90 an, dioperasikan dengan listrik. Ada timer digital dan tekanan bisa diatur sesuai dengan jenis dan berat bahan makanan serta waktu memasak.

Pada prinsipnya panci ini terbuat dari aluminium atau stainless steel tebal. Dilengkapi dengan karet penyekat atau tidak pada tutupnya. Fungsinya untuk membuat bagian dalam panci kedap udara. Air yang dipanaskan bersama makanan akan menghasilkan uap air. Karena ditekan maka panas uap air akan mematangkan makanan dengan cepat. Sehingga waktu masak jadi pendek.

Inilah 'Pressure Cooker' yang Populer Dipakai Sebagai Bom PanciFoto: Sunbeam

Panci bertekanan ini sering dipakai untuk menghemat waktu memasak yang lama. Seperti saat membuat rendang, merebus buntut, iga, lidah hingga babat dan kikil sapi. Meskipun panci ini juga bisa dipakai memasak sayuran, biji-bijian hingga gudeg dan bubur. Karena memiliki tekanan tinggi saat dipanaskan maka panci ini dipilih sebagai wadah bom.

Bahan bom diracik di dalam panci, ditutup rapat dan diberi timer serta kabel yang berfungsi sebagai penyulut panas. Di dalam panci diisi paku, remukan besi dan potongan logam berat lainnya. Karena terkena panas dan bertekanan tinggi maka ledakan akan besar dan seluruh isian panci remuk menjadi serpihan besi kecil.

Panci bertekanan biasanya dijual dnegan berbagai kapasitas dari 1 ,5 liter hingga 3 liter. Harganya juga bergaam sesuai kualitasnya. Berkisar Rp 500.000 - Rp 2 juta. Saat puasa jadi andalan ibu rumahtangga untuk memasak gulai, rendang hingga lontong dan ketupat.
(odi/odi)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan