detikfood
Kamis, 18/05/2017 10:25 WIB

Ini Akibatnya Jika Makan Pisang Bersamaan dengan Minum Susu

Lusiana Mustinda - detikFood
Ini Akibatnya Jika Makan Pisang Bersamaan dengan Minum Susu Foto: iStock
Pisang dan susu yang bergizi cocok untuk sarapan. Tapi, beberapa ahli menyebutkan bahwa makan bersamaan bisa timbulkan efek kesehatan.

Smoothies atau milkshake yang dibuat dengan pisang dan susu bisa menimbulkan efek kenyang dan rasanya enak. Akan tetapi kombinasinya keduanya disebut-sebut dapat sebabkan berbagai risiko kesehatan. Sementara, banyak juga yang menyebutkan bahwa keduanya adalah kombinasi yang baik.

Dietitian dan ahli psikolog dari Care For Life, Harish Kumar mengatakan bahwa ia tidak merekomendasikan kombinasi ini. Ia menyarankan agar terlebih dulu minum susu 20 menit sebelum makan pisang. Karena milkshake pisang dapat menghambat proses pencernaan dan mengganggu pola tidur Anda.

Ini Akibatnya Jika Makan Pisang Bersamaan dengan Minum SusuFoto: iStock
Sebaliknya, ahli gizi dan kesehatan makrobiotik mengatakan bahwa pisang dan susu adalah pilihan yang baik untuk tubuh. Keduanya bisa membantu menambah berat badan dan jadi pasokan energi bagi Anda yang memiliki pekerjaan dengan intensitas tinggi. Namun, tidak disarankan untuk orang-orang dengan alergi seperti asma karena dapat menghasilkan produksi banyak lendir yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

Dilansir dalam NDTV (16/05) menurut sebuah laporan Food Combining oleh Vasant Lad, makan pisang dengan susu bisa timbulkan alergi dan sinus. Pisang memiliki rasa yang agak asam dan susu manis. Ini menyebabkan kebingungan pada sistem pencernaan.

Ini Akibatnya Jika Makan Pisang Bersamaan dengan Minum SusuFoto: iStock
Dr. Surya Bhagwati, spesialis Aryuveda di Dr. Vaidya's mengatakan, ini adalah kombinasi yang buruk dan dikenal sebagai Viruddh Aahar (kombinasi yang tidak kompatibel), ini menghasilkan Ama, zat beracun yang menyebabkan keseimbangan pada tubuh.

Sehingga bisa dikatakan bahwa pisang dan susu kurang baik untuk dikonsumsi secara bersamaan. Lebih baik konsumsi pisang dan susu secara terpisah.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan