detikfood
Senin, 15/05/2017 17:04 WIB

Ayo Makan Ikan Tiap Hari

Ini Cara Olah Ikan Kembung Jadi Sajian Sedap

Lusiana Mustinda - detikFood
Ini Cara Olah Ikan Kembung Jadi Sajian Sedap Foto: iStock/detikFood
Ikan laut yang satu ini sering jadi lauk enak. Teksturnya yang lembut bisa diolah dengan beragam bumbu gurih.

Baru-baru ini, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat untuk konsumsi ikan. Ia mengunggah video yang berisi ajakan makan ikan dengan kalimat unik yaitu "Yang tidak makan ikan, saya tenggelamkan."

Ikan kembung merupakan nama ikan laut yang memiliki bentuk tubuh berukuran kecil. Ikan kembung ada beberapa jenis yaitu ikan kembung como dan ikan kembung banjar.

 Ini Cara Olah Ikan Kembung Jadi Sajian SedapFoto: iStock
Ikan kembung como memiliki ukuran besar dan agak melebar. Didekat bagian ekornya ada bagian sisik yang mengeras dan memiliki garis kuning dari kepala hingga ekor. Lingkar mata ikan besar dan dagingnya cenderung lembut.

Sedangkan ikan kembung banjar memiliki ukuran yang lebih kecil dan memanjang. Tidak memiliki bagian sisik yang keras di dekat ekorenya dan memiliki warna biru sedikit kehijauan dibagian atas. Lingkar matanya kecil dan dagingnya padat.

Ikan kembung mengandung protein yang tinggi serta omega 3 yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram ikan kembung mengandung kalori sebanyak 125 Kkal, 21,3 gram protein, 3,4 gram lemak, 136 mg kalsium dan 0,8 mg zat besi.

 Ini Cara Olah Ikan Kembung Jadi Sajian SedapFoto: iStock/detikFood
Di pasar, ikan kembung banyak dijual dalam keadaan segar. Satu kilo gram ikan kembung dijual sekitar Rp 50.000. Tidak hanya bisa diolah dalam bentuk segar, ikan kembung juga banyak diolah dengan cara dipindang atau biasa disebut dengan ikan cue.

 Ini Cara Olah Ikan Kembung Jadi Sajian SedapFoto: iStock/detikFood
Jika ingin mengolah ikan kembung segar, Anda bisa menggoreng atau dibuat dengan paduan kuah segar. Salah satu caranya, Anda bisa mengolah ikan kembung yang digoreng garing dengan tambahan bumbu salsa bawang merah dengan tambahan cabai rawit seperti resep ini.

Selain digoreng, ikan kembung juga bisa dibuat dengan racikan rempah khas Bangka dengan kuah asam seperti resep ini dan ikan kembung betelok yang bisa dibuat dengan resep ini.

Ikan kembung punya kandungan protein yang sangat baik untuk membangun pembentukan jaringan sel-sel tubuh. Mengandung lemak yang rendah dibandingkan daging, ikan juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang berdiet.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan