detikfood
Kamis, 04/05/2017 14:11 WIB

Aroma Rosemary Disebut Dapat Tingkatkan Memori Pada Anak

Lusiana Mustinda - detikFood
Aroma Rosemary Disebut Dapat Tingkatkan Memori Pada Anak Foto: iStock
Selain konsumsi makanan sehat, daya ingat anak juga bisa ditingkatkan dari aroma rempah. Rosemary disebut-sebut dapat membantu memudahkan si kecil mengingat. Benarkah?

"Memori kerja yang buruk biasanya berkaitan dengan kinerja akademis yang buruk pula. Dari temuan ini bisa membantu anak-anak tingkatkan kinerja akademis dengan cara sederhana," Jelas Mark Moss dari Northumbria University di Britain dalam Boldsky (04/05).

Sebelumnya, diketahui bahwa aroma minyak esensial dari rosemary bisa meningkatkan kognisi pada kesehatan orang dewasa.

Aroma Rosemary Disebut Dapat Tingkatkan Memori Pada AnakFoto: iStock
Dalam penelitian tersebut, sebanyak 40 anak dengan rentan usia 10 hingga 11 tahun secara acak diajak masuk ke sebuah ruangan yang ditaruh beberapa minyak rosemary yang tersebar di dalamnya. Anak-anak dibiarkan berada dalam ruangan tersebut selama 10 menit dan sisanya dimasukkan dalam ruangan tanpa aroma.

Analisis tersebut menunjukkan bahwa anak-anak di ruangan beraroma tersebut mendapatkan nilai tes yang lebih tinggi dari anak-anak yang berada dalam ruang tidak beraroma.

Tes yang dilakukan berupa mengingat kata-kata. "Bisa jadi aroma itu mempengaruhi aktivitas listrik di orak atau senyawa aktif secara farmakologis yang dapat diserap saat orang-orang terpapar," kata Moss.

Aroma Rosemary Disebut Dapat Tingkatkan Memori Pada AnakFoto: iStock
Temuan ini dipresentasikan di British Psychological Society Annual Conference di Brighton.

Selain dinilai dapat tingkatkan daya ingat, minyak rosemary juga sering digunakan untuk atasi masalah gangguan pencernaan, mengurangi perut kembung, kram perut, sembelit dan juga kembung. Bumbu dapur ini juga dianggap dapat meringankan gejala dispepsia dan menjadi stimulan nafsu makan.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan