detikfood

Jumat, 28/04/2017 19:07 WIB

Coffeewar: Di Sini Ada Lumpia Rendang dan Brownies Kemiri yang Unik

Maya Safira - detikFood
Coffeewar: Di Sini Ada Lumpia Rendang dan Brownies Kemiri yang Unik Foto: Detikfood
Di sini ada camilan unik dengan sentuhan tradisional. Seperti lumpia rendang, churros singkong hingga brownies kemiri. Bagaimana rasanya?

Melewati kawasan Kemang, kami mampir ke Coffeewar untuk menghabiskan sore. Coffee shop ini punya suasana santai. Didukung interior bernuansa industrial dengan kesan 'unfinished'. Penggunaan interior kayu juga menjadi ciri khas Coffeewar.

Untuk menunya, Coffeewar lebih banyak menawarkan makanan ringan. Misalnya saja Lumpia Rendang, Tempe Mendoan, Churros Singkong, Pisang Goreng, dan Brownies Kemiri. Beberapa diantaranya merupakan menu fusion.

Pilihan makanan berat ikut terselip dalam menu. Seperti Nasi Goreng Ayam Rica-Rica, Kwetiau Teri Kacang dan Rawon Kucing.

Karena ingin ngemil, kami memilih beberapa makanan gurih dan manis yang tersedia di sini. Lumpia Rendang (Rp 25.000) jadi menu pertama yang kami cicipi.

Coffeewar: Di Sini Ada Lumpia Rendang dan Brownies Kemiri yang UnikFoto: Detikfood


Terlihat dalam piring empat potong lumpia berukuran tak terlalu besar. Uniknya lumpia diberi pendamping kentang goreng dan sambal ijo.

Lumpia berkulit tipis renyah. Di bagian dalamnya ada isian rendang cukup padat. Daging rendang terasa gurih dan tidak pedas. Teksturnya cukup juicy namun agak basah, cenderung mirip kalio.

Paduan kulit lumpia dan rendang terasa cukup enak. Dimakan begitu saja sudah terasa. Namun jika mau, ada pelengkap sambal yang terbuat dari cabe hijau. Akan tetapi sambal ini mentah, tidak ditumis dan rasanya tidak pedas.

Kentang goreng jadi pelengkap yang cukup unik bagi lumpia. Bisa membuat kenyang tapi menurut kami rasanya kurang berpadu antara kentang goreng dan lumpia isi rendang.

Churros Singkong (Rp 20.000) jadi menu kami selanjutnya. Lumatan singkong dibentuk memanjang seperti churros. Isinya ada enam buah singkong goreng yang diberi lapisan tepung.

Coffeewar: Di Sini Ada Lumpia Rendang dan Brownies Kemiri yang UnikFoto: Detikfood


Permukaannya diberi taburan gula dan bubuk kayu manis yang membuatnya semakin mirip churros. Tertulis dalam menu pendampingnya berupa saus salted caramel gula Jawa.

Singkong terasa lembut tapi permukaan kulitnya tidak renyah, cenderung tipe yang lembab. Rasanya gurih tapi ada jejak sedikit pahit di lidah. Bisa jadi dari adonan singkongnya.

Olahan ini dicocol bersama saus encer berwarna kecokelatan. Saus tampaknya terbuat dari gula Jawa bercampur jahe. Ketika singkong dicocol ke saus akan terasa manis dengan sentuhan rasa hangat jahe. Begitu bercitarasa tradisional.

Dessert Brownies Kemiri (Rp 20.000) jadi penutup santapan kami. Sepotong brownies diberi saus anggur dengan isian buah berry. Pada permukaannya ada cincangan kemiri dan taburan gula bubuk.

Coffeewar: Di Sini Ada Lumpia Rendang dan Brownies Kemiri yang UnikFoto: Detikfood


Brownies cokelat ini punya tekstur moist. Cocok dimakan bersama kemiri yang rasanya mirip seperti kacang kenari. Nampaknya kemiri disangrai terlebih dahulu sehingga teksturnya renyah.

Sementara saus anggurnya seperti diberi bubuk rempah. Sehingga rasanya makin unik. Tapi kurang sesuai dengan selera kami.

Sesuai nama kafe, tentu kopi jadi salah satu andalannya. Disamping minuman seperti wedang jahe, susu jahe, dan Gedang Kelapa Shakes.

Pilihan kopinya ada dari Toraja, Enrekang, Bajawa, Sumatera Utara dan Jawa Barat. Bagi yang ingin menambah susu, bisa memesan kopi Bajawa.

Kopi Benteng Alla Utara (Rp 25.000) dari Enrekang, Sulawesi Selatan menjadi pilihan kami karena ingin minum kopi tanpa tambahan susu. Pengunjung bisa melihat langsung pembuatan kopi di tempat sebelah kasir.

Coffeewar: Di Sini Ada Lumpia Rendang dan Brownies Kemiri yang UnikFoto: Detikfood


Dalam pembuatannya, biji kopi langsung digiling saat pemesanan. Kemudian kopi ini dituangi air panas bersuhu 88 derajat Celcius secara perlahan dengan gerakan memutar. Kopi didiamkan selama 2 menit baru disaring.

Kopi arabika single origin asal Enrekang ini terasa cukup pekat. Rasa asam mirip jeruk berpadu dengan sentuhan pedas yang jadi karakteristiknya. Cocok bagi penikmat kopi.

Nah jika ingin bersantai sambil menikmati kopi, Anda bisa datang ke Coffeewar. Tentunya semakin enak didampingi dengan aneka kudapan tak biasa.

Coffeewar
Jl. Kemang Timur Raya No. 15A
Jakarta Selatan
Telp: 021-7198481


(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan