detikfood

Sabtu, 22/04/2017 16:59 WIB

Beginner Cooking Class

Menumis Tahu dan Kangkung yang Renyah Juga Ada Triknya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Menumis Tahu dan Kangkung yang Renyah Juga Ada Triknya Foto: detikFood
Tumisan bisa jadi sajian sayur praktis di rumah. Pada cooking class ini, Joanna bagikan resep tumis tauge tahu dan kangkung yang renyah dan sedap!

Tumis tauge tahu yang umum disajikan di restoran ternyata mudah dibuat sendiri di rumah. Dibalut bumbu bawang, tauge yang renyah berpadu enak dengan irisan tahu kuning yang lembut.

"Langkah penting saat menumis adalah memasukkan sayuran ke wajan di saat yang tepat," ujar Joanna mengawali demo tumisan. "Tumis bawang hingga wangi harumnya keluar dan warnanya kecokelatan. Setelah itu baru masukkan sayur," jelas wanita ramping ini.

Setelah bawang putih ditumis bersama bawang merah, laos dan daun salam, barulah irisan panjang tahu kuning dimasukkan.

Menumis Tahu dan Kangkung yang Renyah Juga Ada TriknyaFoto: detikFood
"Masak tahunya sampai sedikit kecokelatan lalu tambahkan air sedikit. Masukkan tauge kemudian perhatikan waktu memasaknya. Jangan kelamaan supaya tauge masih renyah nantinya. Terakhir barulah masukkan kucai," jelas Joanna.

Khusus untuk tumisan kangkung, Joanna mengingatkan agar kangkung benar-benar dicuci bersih sebelum diolah. "Ini untuk memastikan tidak ada ulat, apalagi kangkung nantinya hanya dimasak sebentar karena ditumis," jelas Joanna.

Ia menyarankan kangkung juga dipotong pendek-pendek. "Supaya ketika dimakan nggak tersedak," sambungnya.

Soal bumbu, Joanna menghaluskan ebi, terasi dan cabai jadi satu. "Bumbu lalu ditumis bersama bumbu lainnya hingga wangi, barulah dimasukkan saus tiram, air matang, penyedap dan sedikit gula," lanjutnya.

Menumis Tahu dan Kangkung yang Renyah Juga Ada TriknyaFoto: detikFood
Untuk saus tiram, Joanna merekomendasikan penggunaan saus tiram yang tidak terlalu asin. "Karena kan kita mau mendapat rasa asli tiramnya bukan rasa asinnya," jelas Joanna.

Agar makin enak, Joanna mengatakan tumis kangkung bisa ditambahkan udang, daging ayam, atau daging sapi. "Kalau saya biasa menggunakan daging shabu yang tipis. Rasanya enak dan memasaknya juga nggak lama," sambungnya.

Racikan sayuran praktis ini rupanya disukai peserta. Mereka semangat mengantre demi mencicip tumis tauge tahu dan kangkung buatan Joanna.

Berakhirnya resep tumisan juga menandai akhir Beginner Cooking Class. Kemeriahan acara diakhiri dengan foto bersama Joanna dan peserta. Peserta yang ingin ber-selfie, wanita ramah ini juga melayani dengan sabar.

Menumis Tahu dan Kangkung yang Renyah Juga Ada TriknyaFoto: detikFood
Salah seorang peserta, Bapak Lian mengaku senang dengan cooking class ini. "Saya sekarang usaha sendiri jadi punya banyak waktu luang. Penasaran ingin belajar masak yang simple, jadilah ikut kelas ini. Ternyata seru dan menarik, resepnya mudah dipraktekkan," ujarnya.

Hal sama juga dipaparkan Ibu Riana. Dari Bintaro ia menyempatkan datang ke sini. "Sebenarnya saya nggak bisa masak. Nggak tau caranya dan ngga ada niatan sebelumnya. Tapi ikut acara ini jadi tahu banyak tips memisahkan bahan makanan, membuat tempe crispy, hingga tips supaya adonan jadi ngga keras," pungkasnya.

(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan