detikfood

Sabtu, 22/04/2017 06:35 WIB

Ragam Sate Populer

Chuan, Sate Domba yang Populer Sebagai Jajanan Kaki Lima di China

Annisa Trimirasti - detikFood
Chuan, Sate Domba yang Populer Sebagai Jajanan Kaki Lima di China Foto: Culture Trip
Sate di China dikenal lewat jajanan kaki lima. Berupa potongan daging domba yang berbumbu ringan dan dibakar di atas api.

Chuan atau chuan'r berupa potongan daging yang dibumbui kemudian ditusuk dan dipanggang. Hidangan ini telah tersebar ke seluruh China sebagai jajanan kaki lima populer terutama di Beijing. Namun makanan ini aslinya berasal dari bagian barat China dekat Timur Tengah.

Awalnya chuan hanya terbuat dari daging domba atau disebut 'yang rhou chuan', juga merupakan jenis chuan paling populer. Chuan pertama dibuat oleh kaum minoritas Uyghur, Xinjiang dan dipengaruhi oleh hidangan sejenis asal Turki yaitu shish kebab.

Chuan, Sate Domba yang Populer Sebagai Jajanan Kaki Lima di ChinaFoto: iStock

Daging domba dipotong dadu kecil kemudian dibumbui sesuai selera. Umumnya dengan jinten, cabe kering, garam, lada hitam, dan minyak wijen. Bumbu ditaburkan di atas daging sebelum dipanggang di atas api arang. Kadang di Beijing, chuan juga digoreng.

Seperti sate di Indonesia, chuan dinikmati di warung kaki lima. Teman minum tersehat chuan adalah teh gandum, karena bantu mencerna daging. Sekarang, chuan biasa disajikan di kedai pinggir jalan di malam hari yang disebut 'dapaidang'. Chuan biasa disantap saat musim panas dan dimakan bersama dengan bir dingin, kacang rebus dan kacang hijau.

Chuan, Sate Domba yang Populer Sebagai Jajanan Kaki Lima di ChinaFoto: iStock

Seiring berjalannya waktupun, chuan kini dibuat dari ayam, babi, daging sapi hingga seafood. Di kawasan turis bahkan aneka chuan dari serangga dan hewan eksotis lain banyak ditemukan.

Santapan ini sempat dilanda kontroversi. Pada tahun 2013, otoritas Beijing melarang penjaja chuan di udara terbuka sebagai upaya mengurangi polusi. Debu dan asap dari bakaran chuan bisa merusak pernafasan. Bahkan pemerintah Beijing mengenakan denda dan menyita ratusan panggangan chuan selama lebih dari 3 bulan.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan