detikfood

Jumat, 21/04/2017 15:32 WIB

Ragam Sate Populer

Shish Kebab, Daging dan Sayur dalam Satu Tusuk ala Timur Tengah

Annisa Trimirasti - detikFood
Shish Kebab, Daging dan Sayur dalam Satu Tusuk ala Timur Tengah Foto: iStock
Potongan daging dan sayuran ditusuk dan dibakar. Rasanya gurih renyah. Sate khas Timur Tengah ini populer di dunia.

Turki punya sate yang dikenal dengan shish kebab. Shish kebab berupa potongan daging dan sayur ditusuk menjadi satu dan dibakar. Meski awalnya pilihan daging hanya domba, sekarang pilihan sudah bervariasi termasuk sapi, ikan atau ayam sedang sayurannya biasanya paprika hijau dan jamur.

'Shish' sendiri dalam bahasa Turki artinya tusuk atau pedang sedang 'kebab' berarti daging panggang jadilah shish kebab hidangan daging panggang tusuk. Disebutkan, nama itu ditemukan sejak berabad silam.

Shish Kebab, Daging dan Sayur dalam Satu Tusuk ala Timur TengahFoto: iStock
Saat Turki menginvasi Anatolia, para tentara menggunakan pedang mereka untuk membakar daging di api unggun. Dari kejadian tersebut nama shish kebabpun muncul. Makanan ini juga sering digunakan oleh kaum nomaden sebelum akhirnya jadi makanan populer di Timur Tengah.

Daging yang digunakan dalam shish kebab biasanya dibumbui terlebih dahulu sebelum dibakar. Bumbu dasar yang biasa digunakan adalah minyak zaitun,
air jeruk lemon, dan bawang. Sedang bumbu yang lebih rumit dapat menggunakan marjoram, remahan daun salam, kayu manis, dan rempah lainnya.

Daging kemudian ditusuk bersama berselingan dengan sayuran warna-warni agar lebih menarik. Biasanya pilihan sayuran adalah paprika hijau atau merah, bawang bombay dan jamur. Selanjutnya dimasak dengan skewer holder atau penyangga tusukan sehingga daging tidak menyentuh api langsung.

Shish Kebab, Daging dan Sayur dalam Satu Tusuk ala Timur TengahFoto: iStock
Saat ini shish kebab banyak jenisnya, ada orman kebabi dengan domba panggang, sut kebabi dimana daging dimasak setengah matang dahulu dengan susu sebelum ditusuk dan dibakar. Juga ada kefenli kebabi, tusukan daging bakar dibungkus roti.

Bila Anda vegetarianpun, ada juga shish kebab yang seluruhnya berisi buah-buahan mulai dari anggur, bluberry, potongan semangka, nanas, dan strawberry.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan