detikfood
Selasa, 18/04/2017 13:05 WIB

Wagyu T-Bone dan Ribeye Premium Disajikan di AB Steak Mulai Minggu Depan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Wagyu T-Bone dan Ribeye Premium Disajikan di AB Steak Mulai Minggu Depan Foto: detikFood
Akira Back Jakarta hadirkan steakhouse modern dengan sentuhan Korea. Menu andalannya berupa House Aged Beef dalam pilihan wagyu, t-bone hingga ribeye.

AB Steak merupakan restoran terbaru Akira Back Jakarta yang akan beroperasi 23 April 2017mendatang. Berlokasi di lantai Mezzanine Gedung MD Place, AB Steak by Chef Akira Back mengusung konsep steakhouse modern dengan sentuhan Korea pada bumbu maupun paduan bahannya.

Restoran begitu cozy dengan interior didominasi warna hitam. Uniknya sebelum memasuki restoran, pengunjung bisa mengintip ruangan penyimpanan daging. AB Steak memang melakukan proses pelayuan (dry-aging) sendiri untuk semua menu dagingnya.

Dalam temu media (17/4), Chef Andri Dionysius memperkenalkan sejumlah menu andalan AB Steak by Chef Akira Back Jakarta. Tak semua berbasis daging, dari deretan menu pembuka ada sajian berbahan seafood yang menggugah selera.

Wagyu T-Bone dan Ribeye Premium Disajikan di AB Steak Mulai Minggu DepanFoto: detikFood

Amberjack Carpaccio tersaji cantik. Lembaran mentah fillet ikan amberjack ini dibumbui roasted jalapeno salsa dan blood orange soy. Menghasilkan cita rasa asin dan asam yang kuat sehingga cocok untuk segarkan mulut.

Shitake Croquette patut jadi pilihan. Kroket kentang ini istimewa karena diberi topping sea urchin dan caviar. Isiannya berupa sweet shrimp atau udang yang terkenal akan rasa manisnya saat dikonsumsi mentah. Meski begitu, tak tercecap aroma atau rasa amis. Berpadu enak dengan busa yang juga dibuat dari kentang.

Kalau suka scallop, cicipi Scallop Crudo. Dibumbui truffled yuja soy, scallop yang lembut kenyal terasa asam segar. Apalagi ada kimchi dan bengkuang sebagai toppingnya.

Wagyu T-Bone dan Ribeye Premium Disajikan di AB Steak Mulai Minggu DepanFoto: detikFood

Jangan lewatkan juga Steamed Bun yang diberi topping daging bebek BBQ dan foie gras. Berikut Black Mussels yang memadukan kerang hijau, meatballs, dan tteokbokki goreng dalam saus gochujang butter.

"Untuk Steak Tartare kami menggunakan wagyu. Dipadukan dengan sumsum tulang yang sudah dibakar dan diberi topping pine nut," jelas Chef Andri sambil menyajikan menu ini. Menurutnya bumbu sajian ini sangat sederhana. "Hanya garam dan merica," sambungnya.

Jika suka salad, Chef Andri membuat AB's Caesar dengan romainne lettuce panggang dan salmon. "Dressingnya dari campuran herba dan yogurt. Ada juga topping Macademia nut," lanjut Chef Andri.

Wagyu T-Bone dan Ribeye Premium Disajikan di AB Steak Mulai Minggu DepanFoto: detikFood

Dari deretan daging, kami mencicip House Aged Beef jenis Australian Wagyu 9+ Flat Iron, Porterhouse dan Bone-in Ribeye. Chef Andri memasak langsung di tiap meja yang dilengkapi alat pemanggang. Ia menginformasikan, "Powernya didapat dari gas. Namun untuk memanggangnya kita gunakan arang."

"Australian Wagyu ini memakai bagian bahu. Potongannya memang tebal a la steak," jelas Chef Andri. Sebagai 'jodoh' daging ada 5 jenis garam dan saus untuk dicoba. Garamnya terdiri dari Pink Himalayan, Garlic, Truffle, Yuzu, dan Kimchi.

Sementara untuk saus, ada pilihan saus wijen klasik, pedas dengan tekstur mirip sambal, bulgogi, soy sauce wasabai dan chimichurri. Enak dicocol dengan daging yang sudah dipanggang dan diiris-iris.

Wagyu T-Bone dan Ribeye Premium Disajikan di AB Steak Mulai Minggu DepanFoto: detikFood

Porterhouse dan Bone-in Ribeye kabarnya sudah dilayukan 45 hari di ruang penyimpanan khusus. Daging ini makin istimewa karena berasal dari sapi yang diberi makan gandum selama 200 hari. Hasilnya, daging begitu empuk dan juicy dengan cita rasa meaty. Tak perlu banyak usaha untuk memotongnya menggunakan pisau.

Untuk jenis Porterhouse dan Bone-in Ribeye, minimal pemesanan daging adalam 500 gram dan 300 gram. Harga per gramnya Rp 185.000 dan Rp 199.000. Sementara untuk Australian Wagyu harga per 100 gramnya adalah Rp 225.000.

Pilihan jenis House Aged Beef lainnya adalah Kiwami Wagyu Top Sirloin 9+ dan Belgian White Tongue. Sementara bagian Chef's Select Cuts ada wagyu bone in short rib, Australian wagyu rib fingers, chuck tender, brisket, rib fingers dan chuck tender.

Wagyu T-Bone dan Ribeye Premium Disajikan di AB Steak Mulai Minggu DepanFoto: detikFood

Untuk penutup, Chef Andri menyajikan Coconut Mochi Cake yang tersusun dari butter mochi cake, popcorn caramel dan macademia, serta sorbet kelapa. Ada juga Molten Chocolate Souffle yang manis pekat. Dibuat dari cokelat valrhona dan es krim vanila.

AB Steak by Chef Akira Back hanya melayani makan malam, mulai 23 April 2017. Informasi dan reservasi bisa menghubungi 087772278325 atau info@absteakjakarta.com.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan