detikfood
Jumat, 14/04/2017 12:07 WIB

Restoran Yakiniku di Tokyo Ini Sajikan Hidangan Halal untuk Muslim

Annisa Trimirasti - detikFood
Restoran Yakiniku di Tokyo Ini Sajikan Hidangan Halal untuk Muslim Foto: Rocketnews
Jepang semakin ramah terhadap turis muslim. Setelah tersedia ramen dan washoku halal, sekarang ada restoran yakiniku halal.

Turis muslim semakin banyak mengunjungi Jepang, restoran dan kafe halal semakin berkembang. Sebelumnya, di Jepang telah ada washoku juga ramen halal. Dan kini, bagi Anda penikmat daging, telah ada yakiniku halal di Jepang.

Gyu-Kaku adalah salah satu franchise yakiniku atau bbq Korea paling populer di Jepang. Restorannya tersebar di seluruh Jepang juga di Amerika, Kanada, dan beberapa negara Asia lain.

Restoran Yakiniku di Tokyo Ini Sajikan Hidangan Halal untuk MuslimFoto: Rocketnews
Meskipun perkembangannya belum sampai negara-negara Timur Tengah, restoran ini siap mengakomodasi pengunjung muslim di cabang barunya di kawasan Akasaka, Tokyo, Jepang. Cabang akan dibuka pada 17 April mendatang. Akan menjadi restoran pertama tawarkan menu halal sesuai dengan prinsip makan Islam.

Gyu-Kaku menyediakan 2 paket menu halal yaitu Muslim-Friendly Gyukaku Course seharga 4500 yen (Rp. 547.000) dan Muslim-Friendly Wagyu Course seharga 6500 yen (Rp. 791.000). Keduanya menyajikan berbagai hidangan sayuran dan daging yang disiapkan tanpa atau dengan produk babi atau alkohol.

Sesuai dengan aturan makan halal, semua peralatan masak dan makan dalam menu ini dibuat terpisah. Menu halal telah disertifikasi oleh Islamic Center Japan.

Restoran Yakiniku di Tokyo Ini Sajikan Hidangan Halal untuk MuslimFoto: Rocketnews
Dikabarkan oleh Rocketnews (13/4/17), mereka diberi kesempatan untuk uji rasa sajian sebelum restoran resmi ini dibuka. Mereka mencicipi Muslim Friendly Wagyu Course, yang terdiri dari daging sapi, ayam, dan seafood .

Saus cocolan untuk bbq Gyu-Kaku normal terbuat dari mirin, yaitu sake manis yang sangat umum digunakan dalam masakan Jepang. Namun untuk menu halal,
mrn diganti dengan gula dan disebutkan, saus versi halal terasa persis seperti saus asli.

Restoran Yakiniku di Tokyo Ini Sajikan Hidangan Halal untuk MuslimFoto: Rocketnews
Untuk makanan pendamping kimchi, rasa versi asli dan versi halal juga disebut sangat mirip. Namun bila harus dicari perbedaannya, saus kimchi halal punya sentuhan rasa sedikit lebih pedas. Hal itu mungkin hanya akan disadari bila memakan keduanya, saus asli dan versi halal, sekaligus. Namun jika dimakan terpisah, tidak akan terasa berbeda.

Sedang untuk lauknya yaitu daging sapi, udang, kerang, dan cumi-cumi, karena sausnya sudah terasa seperti asli, sajian bbq versi halalpun terasa sama seperti menu lezat Gyu-Kaku biasa.

Restoran Yakiniku di Tokyo Ini Sajikan Hidangan Halal untuk MuslimFoto: Rocketnews
Saat ini, menu halal dari Gyu-Kaku hanya tersedia eksklusif di cabang Akasaka. Tepatnya di Tokyo-to, Minato-ku, Akasaka 3-12-11, Central Akasaka Building Lantai 2.Jika ingin mencicipnya, perlu memesan 3 hari sebelumnya.

Namun, melihat ambisi Gyu-Kaku menjadi restoran internasional, tampaknya akan semakin banyak tersedia menu halal atau menu pola makan khusus lainnya. Hal tersebut tentu menjadikan berbagai kelompok dapat menikmati bbq Gyu-Kaku yang nikmat.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan