detikfood

Rabu, 05/04/2017 14:37 WIB

Racikan Teh Modern

Mencicip Milk Tea dan Thai Tea Kemasan Populer di Pasaran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Mencicip Milk Tea dan Thai Tea Kemasan Populer di Pasaran Foto: detikFood
Milk tea dan Thai tea tak hanya bisa dibeli di gerai minuman. Di pasaran ada produk kemasan minuman populer ini. Mana yang enak?

Meningkatnya popularitas milk tea dan Thai tea membuat beberapa produsen minuman membuat milk tea dan Thai tea kemasan. Minuman tersedia dalam kemasan botol maupun plastik dan dijual di supermarket atau minimarket.

detikFood sempat mencicip milk tea merek lokal dalam kemasan botol plastik. Produk A mengusung nama 'Milk Tea,' sementara produk B dinamai 'Teh Susu dari Jepang.'

Mencicip <i>Milk Tea</i> dan <i>Thai Tea</i> Kemasan Populer di PasaranFoto: detikFood

Warna cokelat milk tea produk A lebih gelap dibanding produk B. Teksturnya tidak kental alias agak cair. Kami mencium aroma melati enak pada minuman ini.

Dalam komposisi tertulis minuman dibuat dari air, gula, daun teh (6,51%), susu bubuk, dan penstabil nabati. Soal rasa, paduan teh dan susu minuman ini terasa seimbang dengan jejak manis tak berlebihan.

Minuman dijual dalam ukuran 330 ml dengan harga sekitar Rp 5.700.

Sedangkan produk B berwarna cokelat muda. Dibanding produk A, tekstur minuman ini lebih cair. Tak ada aroma harum khas teh yang tercium.

Minuman B dibuat dari air, gula, susu bubuk (4%), teh hitam (0,8%), vitamin C, pengatur keasaman natrium bikarbonat, pengemulsi nabati, penstabil nabati, dan perisa identik alami.

Mencicip <i>Milk Tea</i> dan <i>Thai Tea</i> Kemasan Populer di PasaranFoto: detikFood

Rasa susu tercecap lebih dominan pada produk ini. Menurut kami rasa manisnya juga terlalu kuat sehingga minuman tak memberi sensasi menyegarkan.

Minuman ini juga dijual dalam ukuran 330 ml dengan harga sekitar Rp 6.300. Jika dibandingkan produk A, kami lebih menyukai produk A dibanding minuman ini.

Beralih ke Thai tea, kami mencicip dua minuman kemasan dalam botol kaca. Produk A ukuran 280 ml warnanya lebih gelap. Komposisi produk impor ini menunjukkan minuman dibuat dengan teh hitam Thailand, gula tebu, bubuk susu full cream, krimer non-dairy, minyak kedelai, sodium caseinate, dan soy lecithin.

Mencicip <i>Milk Tea</i> dan <i>Thai Tea</i> Kemasan Populer di PasaranFoto: detikFood

Tekstur minuman terasa begitu kental dengan sedikit aroma menyerupai karamel. Sementara rasa manisnya seperti ditambahkan rempah dengan after taste sedikit pahit.

Produk B warnanya lebih terang. Sama-sama berukuran 280 ml, minuman ini dibuat dengan teh hitam Thailand, gula tebu, dan bubuk susu full cream.

Mencicip <i>Milk Tea</i> dan <i>Thai Tea</i> Kemasan Populer di PasaranFoto: detikFood

Soal rasa, minuman ini rasa manisnya lebih 'light' tanpa meninggalkan jejak pahit. Cita rasa susunya juga lebih kuat. Kami lebih menyukai produk B dibanding A untuk kategori Thai Tea.

Di supermarket, produk A dan B sama-sama dijual sekitar Rp 20.900.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan