detikfood

Rabu, 29/03/2017 19:20 WIB

Racikan Teh Modern

Menyeruput Racikan Teh Hitam dan Rempah dari India

Lusiana Mustinda - detikFood
Menyeruput Racikan Teh Hitam dan Rempah dari India Foto: iStock
Kepopuleran teh semakin meningkat. Tidak hanya racikan teh dengan air hangat, teh dengan paduan rempah juga semakin dikenal luas.

Berasal dari India dan banyak ditemui di Afrika Timur, secara harfiah, masala chai merupakan teh yang dicampur dengan rempah-rempah. Minuman ini diseduh dengan teh hitam dan populer di beberapa negara.

Awalnya, chai tea mempunya nama masala chai yang memiliki arti teh yang mengandung rempah. Dan dikenal dengan masala chai, karena masala merupakan rempah-rempah yang digunakan dalam masakan India. Akan tetapi, dibandingkan dengan masala chai, orang-orang lebih senang menyebutnya dengan chai tea di berbagai negara.

Menyeruput Racikan Teh Hitam dan Rempah dari IndiaFoto: iStock
Dalam proses pembuatannya, ada lima jenis rempah yang umum digunakan yaitu kapulaga hijau, kayu manis, adas, jahe dan juga merica hitam.

Karena dicampur dengan rempah, akan menghasilkan sensasi hangat yang menenagkan serta dapat menyehatkan tubuh.

Untuk membuat chai tea, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan merebus rempah, gula aren, teh hitam dengan susu hingga mendidih dan diamkan sekitar 4-5 menit.

Sebelum disajikan, saring teh agar rempah dan daun teh tidak ikut tercampur. Chai tea sangat cocok dinikmati pagi hari ataupun malam hari saat cuaca dingin. Hangatnya rempah serta aromanya yang menengkan sangat baik untuk membantu legakan pernafasan dan membuat tubuh lebih rileks.

Menyeruput Racikan Teh Hitam dan Rempah dari IndiaFoto: iStock
Selain cocok dinikmati hangat, Anda juga dapat membuat chai tea dengan tambahan es batu atau simpan dalam lemari es agar dingin. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat chai tea di rumah, bisa lihat resepnya di sini.

Di India, chai tea banyak ditemui di beberapa rumah makan dan juga restoran. Menikmati chai tea juga menjadi ritual yang biasa dilakukan masyarakat India saat bersantai.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan