detikfood

Rabu, 29/03/2017 14:41 WIB

Korsel Upayakan Sertifikat Halal Negaranya Bisa Diterima di UEA dan Indonesia

Maya Safira - detikFood
Korsel Upayakan Sertifikat Halal Negaranya Bisa Diterima di UEA dan Indonesia Foto: (Angling/detikTravel)
Korea Selatan mengincar pasar di Indonesia dan Uni Emirat Arab melalui sertifikasi halal lokalnya. Agar bisa ekspor makanan Korea ke dua negara tersebut.

Pada Rabu pemerintah Korea Selatan menyampaikan akan segera memulai negosiasi dengan Indonesia dan UEA. Sehingga sertifikasi halal lokal bisa diterima di negara-negara muslim ini, sebut laporan Yonhap (29/3).

Di Korea Selatan, otorisasi halal diberikan oleh Korea Muslim Federation (KMF). Sertifikasi halal tersebut saat ini sudah diakui di Malaysia dan Singapura.

Korsel Upayakan Sertifikat Halal Negaranya Bisa Diterima di UEA dan IndonesiaFoto: Detikfood/Yonhap


"Kami sedang mengincar sertifikasi silang dari sertifikat halal lokal di Indonesia dan UEA pada akhir kuartal keempat tahun ini dan untuk meluncurkan kampanye pemasaran agresif untuk makanan halal Korea Selatan," ujar pihak Kementerian Pertanian, Pangan dan Urusan Pedesaan, seperti dikutip dari Yonhap.

Ia menambahkan bahwa Korea perlu melakukan diversifikasi tujuan ekspor. Sebab pengiriman ke China dan Jepang terganggu oleh perkembangan politik dan diplomatik.

Korsel Upayakan Sertifikat Halal Negaranya Bisa Diterima di UEA dan IndonesiaFoto: (Angling/detikTravel)


Kementerian tersebut memperkirakan pasar makanan halal yang menjaring 1,8 miliar populasi muslim akan tumbuh $1,6 triliun pada tahun 2020.

Sementara itu, ekspor produk Korea Selatan ke 57 negara anggota Organization of Islamic Cooperation (OKI) naik 8,8 persen tahun lalu. Menurut data kementerian, ini menyumbang 14 persen dari total pengiriman barang pertanian ke luar negeri.
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan