detikfood

Kamis, 23/02/2017 12:11 WIB

Imah Babaturan: Gurih Berempah Gule Kambing Bikinan Warung Kopi

Lusiana Mustinda - detikFood
-->
Imah Babaturan: Gurih Berempah Gule Kambing Bikinan Warung Kopi Foto: detikFood
Di Bandung, ada warung kopi yang punya sajian enak. Dengan harga terjangkau, Anda bisa makan gule kambing hingga nasi goreng.

Kalau ke Bandung, sudah pasti tujuan utamanya jalan-jalan sekaligus berwisata kuliner. Di kawasan Tamansari, tepatnya di jalan Kebon Bibit Anda bisa mampir untuk mencicip sajian tradisional racikan teh Imah.

Berada tak jauh dari Baltos, dengan panduan google maps, Anda bisa menemukan tempat ini dengan mudah. Walaupun sederhana, tapi tempatnya nyaman dan mengingatkan kami pada warung kopi dengan gaya sedikit modern.

Mampir di siang hari, kami disambut oleh celotehan para karyawan yang sedang bercengkrama. Selain kami, tentu sudah ada beberapa orang yang sedang menikmati kopi sembari membaca koran.

Di bagian depan tampak terparkir sepeda-sepeda. Ternyata kebanyakan orang mampir ke warung kopi ini setelah jalan-jalan pagi karena warung ini sudah buka sejak pukul 8 pagi.

Imah Babaturan: Gurih Berempah Gule Kambing Bikinan Warung KopiFoto: detikFood

Selain bisa menikmati kopi dan aneka kudapan seperti pisang rebus, peyeum goreng, bala-bala serta ubi goreng. Warung ini juga punya menu spesial yang selalu berganti setiap harinya. Saat kami berkunjung pada (19/02), menu hari itu adalah oseng pare dan nasi tim.

Karena ingin mencoba menu regulernya yang setiap hari tersedia. Menu regulernya adalah tongseng kambing, gule kambing tulangan, gule ayam dan nasi goreng kambing serta nasi goreng kampung.

Sebelum menikmati menu utama, kamipun terlebih dahulu bersantai sambil mencicip Bala-Bala (Rp 6.000) dan Kopi Susu (Rp 15.000). Bala-bala alias bakwan digoreng dadakan sehingga saat sampai dimeja masih hangat dan garing. Semakin pas dicocol dengan paduan bumbu kacang yang pedas gurih.

Imah Babaturan: Gurih Berempah Gule Kambing Bikinan Warung KopiFoto: detikFood

Sambil menikmati bakwan sayur, kami justru jatuh hati pada kopinya. Disajikan dengan vietnamese drip, air kopi secara perlahan menetes ke dalam gelas yang sudah berisi susu kental manis. Rasa kopinya seimbang tidak terlalu pahit. Kopi yang digunakan adalah kopi sangrai dari daerah Ciwidey, Jawa Barat.

Belum puas dengan camilan, kamipun memilih untuk mencoba gule kambing (Rp 25.000) dan nasi goreng kampung (Rp 28.000).

Nasi goreng bergaya kampung ini disajikan tanpa kecap. Warnanya putih dengan campuran suwiran ayam dengan telur orak-arik. Hmm, aroma gurih telur tercium enak. Disajikan di atas daun pisang sebagai tatakannya.

Imah Babaturan: Gurih Berempah Gule Kambing Bikinan Warung KopiFoto: detikFood

Jika Anda memesan nasi goreng dengan sensasi pedas, sudah pasti ditambahkan dengan irisan cabai rawit merah, potongan daun bawang, taburan bawang goreng dan irisan mentimun segar. Dengan rasa asin yang ringan semakin enak dinikmati bersama dengan telur ceplok.

Telur ceploknya digoreng setengah matang. Ketika dipotongnya, terlihat lelehan kuning telur yang keluar membasahi sedikit bagian nasi goreng. Nyam, sedap dan bikin kenyang!

Kalau ingin menikmati sajian berkuah, semangkuk gule kambing wajib Anda coba. Disajikan hangat-hangat, kuah kental dengan warna cokelat oranye dengan rasa bumbu gule yang pekat.

Slurp! Tercecap rasa kapulaga dan jinten yang ringan tak terlalu dominan. Selain daging, gule juga dicampur dengan tulang-tulang. Walaupun tidak dicampur dengan santan, tapi tekstur kuahnya cukup kental dengan paduan bumbu gule yang royal.

Imah Babaturan: Gurih Berempah Gule Kambing Bikinan Warung KopiFoto: detikFood

Tak ada rasa ataupun aroma khas kambing. Sehingga bagi kami yang tidak suka dengan daging kambing bisa menikmati gule ini. Kalau lapar, tinggal tambah nasi hangat (Rp 5.000).

Gule kambing ini juga cocok dinikmati dengan iringan es teh manis yang disajikan dengan gelas enamel bercorak.

Cocok dengan rasanya. Lain kali kami akan mampir lagi sambil mencicip hidangan yang berganti setiap harinya. Berencana untuk ke Bandung, Anda bisa mampir ke sini, warung buka sejak pagi pukul 08.00.

Warung Kopi Imah Babaturan
Jalan Kebon Bibit No. 3
Taman sari
Bandung

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan