detikfood
Jumat, 17/02/2017 16:06 WIB

Kalau Sering Makan Junk Food, Imbangi dengan Konsumsi Salmon Dua Kali Seminggu

Annisa Trimirasti - detikFood
Kalau Sering Makan Junk Food, Imbangi dengan Konsumsi Salmon Dua Kali Seminggu Foto: iStock
Sering makan junk food? Agar tetap sehat imbangi dengan konsumsi ikan laut dua kali seminggu.

Dikabarkan oleh Daily Mail (16/2/17), peneliti menyebutkan, cukup makan 2 porsi ikan laut berlemak seminggu bisa memperbaiki kerusakan pada tubuh akibat sering makan junk food.

Kelebihan berat badan karena makan fast food terlalu banyak bisa mencegah tubuh memproduksi cukup antibodi. Sebagai hasilnya, tubuh menjadi lebih rentan pada bakteri, virus dan penyakit lainnya.

Kalau Sering Makan Junk Food, Imbangi dengan Konsumsi Salmon Dua Kali SemingguFoto: iStock
Obesitas dapat membuat daya tahan tubuh menurun dan rentan penyakit. Hal ini pun telah membuat banyak negara berperang melawan obesitas dan kurangi konsumsi junk food dengan menaikkan pajak.

Namun,ada cara lebih mudah. Disebutkan, secara teratur makan salmon dan sarden bisa memperbaiki kerusakan pada sistem daya tahan tubuh akibat obesitas.

Peneliti dari Liverpool John Moores University menguji 2 suplemen makanan tentang efeknya pada pola makan junk food. Suplemen terdiri dari asam lemak omega 3, seperti yang ada pada ikan laut berlemak dan rumput laut, serta asam 2-hydroxyoleic, zat sintesis yang berasal dari asam oleic.

Kalau Sering Makan Junk Food, Imbangi dengan Konsumsi Salmon Dua Kali SemingguFoto: iStock
Studi yang dipublikasikan di journal Experimental Physiology ini meneliti 32 tikus obesitas. Tanda obesitas selain berat badan berlebih adalah stress oksidatif, saat tubuh tidak memproduksi cukup antioksidan, serta penuaan sistem imun tikus.

Objek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok dan diberi suplemen makanan asam omega 3 atau asam 2-hydroxyoleic. Setelah 8 minggu, peneliti mempelajari limpa mereka dan ditemukan kedua suplemen mengurangi efek obesistas pada sistem imun. Tikus yang diberi asam 2-hydroxyoleic memiliki kemajuan lebih baik.

Penulis studi, Dr Fatima Perez de Heredia, mengatakan ini studi pertama yang menyebutkan manfaat asam 2-hydroxyoleic dalam memperbaiki imunitas akibat obesitas dan stress oksidatif.

Kalau Sering Makan Junk Food, Imbangi dengan Konsumsi Salmon Dua Kali SemingguFoto: iStock/detikFood
Dr Fatima menyarankan agar orang menjalankan pola makan Mediterania, termasuk 2 porsi ikan, dengan salah satunya oily fish, seminggu sekali untuk memperoleh manfaat asam 2-hydroxyoleic.

Penelitian juga menyarankan konsumsi ikan laut sekali seminggu agarn dapat secara signifikan meningkatkan kesempatan bertahan hidup pasien kanker.

Hal ini sesuai dengan pendapat ahli di Amerika, asam lemak omega 3 pada sarden, salmon, dan trout dianggap dapat menekan pertumbuhan tumor dan mengekang pasokan darah pada sel kanker.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close