detikfood

Jumat, 17/02/2017 14:54 WIB

Ada Tempat Makan Halal di Area Pemandian Air Panas Jepang

Maya Safira - detikFood
Ada Tempat Makan Halal di Area Pemandian Air Panas Jepang Foto: iStock
Jika datang ke area pemandian air panas di Jepang ini, muslim bisa makan dengan tenang. Karena ada restoran yang khusus menyajikan makanan halal.

Di Yumoto Onsen, pemandian air panas di Iwaki, Prefektur Fukushima, kini ada Halal Restaurant. Punya target turis muslim, restoran yang buka sejak 27 Januari lalu tersebut menyediakan makanan bersertifikat halal.

Hidangan Halal Restaurant dibuat oleh sepasang suami istri asal Myanmar, lapor The Japan News (17/02). Pasangan bernama Jamal Hussain dan Htwe Ye itu jadi chef di sana.

Ada Tempat Makan Halal di Area Pemandian Air Panas JepangFoto: The Yomiuri Shimbun


Ada sekitar 20 sajian yang ditawarkan Halal Restaurant. Dalam menunya, restoran tidak memakai alkohol dan daging babi yang dilarang dalam Islam.

Samosa dan ramen termasuk menu yang bisa ditemui di Halal Restaurant. Untuk ramen, restoran tidak memakai lemak babi. Melainkan ada penggunaan kaldu dari tulang ayam dan apel.

Di Halal Restaurant juga terdapat ruang shalat di lantai 2. Sehingga memudahkan muslim untuk beribadah.

"Saya ingin restoran kami menjadi tempat yang bisa dinikmati muslim sekaligus masyarakat setempat. Suatu hari saya harap kami jadi salah satu restoran yang khas dari kota ini," ujar Hussain seperti dilansir dari The Japan News.

Halal Restaurant mendapat dukungan dari sebuah perusahaan medis setempat bernama Tokiwakai. Perusahaan telah berusaha mendirikan restoran khusus makanan halal untuk pasien dari Asia Tenggara di rumah sakit. Begitu juga siswa yang datang ke Jepang untuk belajar keperawatan.

Ada Tempat Makan Halal di Area Pemandian Air Panas JepangFoto: Japan Guides


Tahun lalu Tokiwakai menanyakan pada Jamal Hussain dan Htwe Ye yang saat itu tinggal di Prefektur Gunma untuk membuka bisnis di Iwaki. Akhirnya merekapun menyetujuinya.

Menurut Cultural Affairs Agency dan sumber lainnya, Iwaki merupakan satu-satunya kotamadya di Prefektur Fukushima yang punya masjid. Sejumlah besar wisatawan asing, termasuk dari negara mayoritas muslim, mengunjungi Yumoto Onsen tiap tahunnya.

Adapun sebuah asosiasi gabungan penginapan tradisional Jepang di Iwaki, banyak operator penginapan yang hanya punya sedikit pengetahuan mengenai halal dan kebiasaan umat muslim lainnya. Sebuah penginapan sampai harus memesan makanan kotak dari toko halal di Tokyo untuk menyediakannya pada tamu muslim.
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan