detikfood
Selasa, 14/02/2017 15:50 WIB

Peduli Lingkungan, Supermarket Ini Pakai Truk Berbahan Bakar Limbah Makanan

Annisa Trimirasti - detikFood
Peduli Lingkungan, Supermarket Ini Pakai Truk Berbahan Bakar Limbah Makanan Foto: Waitrose / Thinkstock
Limbah makanan telah jadi masalah di banyak negara. Supermarket ini atasi dengan truk pengiriman berbahan bakar limbah.

Menjadi masalah di banyak negara, tips mengurangi limbah makanan telah banyak disebarkuaskan. Para pebisnis industri F&B pun ikut serta. Misalnya ada supermarket yang hanya menjual limbah makanan juga dari sisi teknologi telah ada alat pembuat kompos cepat serta aplikasi restoran untuk menjual makanan yang akan dibuang.

Belum lama ini Waitrose, salah satu jaringan supermarket di Inggris, mengaplikasikan kepedulian untuk industri yang berkelanjutkan dengan menggunakan truk pengiriman yang seluruhnya berbahan bakar gas biometan dari limbah makanan. Bahan bakar dibuat dari sayuran busuk dan makanan lain yang dibuang.

Peduli Lingkungan, Supermarket Ini Pakai Truk Berbahan Bakar Limbah MakananFoto: Waitrose / Thinkstock
Dilaporkan oleh dailymeal.com (13/2/17) , Waitrose menjadi perusahaan pertama di Eropa yang menggunakan teknologi ini secara komersil. Waitrose bekerjasama dengan CNG Fuels, pemasok gas biometan terbarukan di Inggris. Sampai saat ini, telah ada 10 truk tersedia.

Justin Laney selaku general manager mengatakan bahwa dengan truk milik CNG paling maju di Eropa, . Ia percaya akan dapat melakukan pengiriman ke tiap tokonya tanpa harus isi ulang bahan bakar selama perjalanan.

"Penggunaan biometan akan memberi manfaat berati bagi lingkungan juga operasional bisnis kami. Biometan lebih bersih dan tidak berisik dibanding diesel. Kami bisa menjalankan 5 truk untuk emisi yang sama dengan 1 truk diesel." tambah Laney.

Peduli Lingkungan, Supermarket Ini Pakai Truk Berbahan Bakar Limbah MakananFoto: Waitrose / Thinkstock
Telah banyak kendaraan yang peduli lingkungan dengan mengombinasikan metan, gas alam, atau gas biometan dan dapat menempuh jarak sekitar 480 km. Scania and Agility Fuel Solutions, perusahaan bahan bakar gas alami Amerika juga telah mengembangkan tangki kembar serat karbon menggunakan gas alam yang dapat meningkatkan jarak tempuh hingga 800 km.

Bahan bakar biometan juga lebih murah 35% dari truk dengan bahan bakar diesel. Teknologi baru ini memungkinkan kendaran mengeluarkan karbon dioksidan 70% lebih sedikit.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan