detikfood

Kamis, 09/02/2017 16:26 WIB

Minum Espresso di Pagi Hari Jadi Rahasia Bugar Chicco Jerikho

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minum Espresso di Pagi Hari Jadi Rahasia Bugar Chicco Jerikho Foto: detikFood
Segelas espresso ampuh menambah energi di pagi hari. Karenanya aktor Chicco Jerikho lebih memilih minum espresso dibanding suplemen untuk memulai harinya.

Chicco Jerikho dikenal sebagai aktor pencinta kopi. Dalam film Filosofi Kopi, ia memerankan sosok barista bernama Ben. Seluk beluk dunia kopipun sempat dipelajari serius oleh aktor 32 tahun ini.

"Dulu sempat belajar di ABCD, Pasar Santa. Belajarnya soal pengenalan biji kopi, bagaimana cara menyeduh kopi, hingga temperatur yang tepat untuk menyeduhnya," ujar Chicco saat ditemui dalam peluncuran #NgopiDiARTOTEL (8/2).

Minum Espresso di Pagi Hari Jadi Rahasia Bugar Chicco JerikhoFoto: iStock / Getty Images

Menurutnya bagian tersulit dari belajar kopi adalah merasakan rasa yang ada di dalam biji kopi. "Karena kan kopi kaya rasa, tergantung dengan pengalaman lidahnya kita," ungkap Chicco yang mengaku hingga kini masih terus belajar. Ia menambahkan, "Kopi nggak segampang itu, masih luas juga."



Mengenai perannya menjadi barista di Filosofi Kopi, Chicco senang karena film ini berdampak positif pada profesi barista di Indonesia. Aktor berdarah Thailand ini berujar, "Film ini bisa memberikan dampak yang bagus, orang-orang jadi tahu profesi barista itu seperti apa. Mereka selama ini hanya dicap tukang seduh kopi, padahal mereka juga belajar bagaimana cara menyeduh kopi yang benar."

Chicco juga bercerita dirinya adalah penikmat kopi espresso tanpa gula meskipun ia mengatakan selera orang berbeda-beda. "Kopi itu soal selera, ada orang yang bisa nikmatin kopi pakai gula. Ada orang yang suka pakai susu atau es, ada juga yang nggak. Balik lagi ke selera," imbuhnya.

Minum Espresso di Pagi Hari Jadi Rahasia Bugar Chicco JerikhoFoto: detikFood

Ia sendiri lebih memilih espresso yang mudah dibuat dan berdampak bagus untuk tubuhnya. Chicco berujar, "Bangun pagi atau setelah makan siang itu bagus minum kopi. Ini untuk menambah energi. Jadi nggak usah minum suplemen."

Meski begitu, Chicco mengaku pernah alami efek samping negatif karena terlalu banyak minum kopi. "Sempat over-caffeine waktu itu karena kan kalau nyoba harus minum banyak supaya dapat rasa yang kita mau. Waktu itu sempat bergetar," pungkas pria yang dikabarkan dekat dengan Chelsea Islan ini.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan