detikfood
Minggu, 05/02/2017 07:37 WIB

Camilan Anak Sekolah

Berapa Kali Dalam Sehari Anak Perlu Diberikan Camilan?

Lusiana Mustinda - detikFood
Berapa Kali Dalam Sehari Anak Perlu Diberikan Camilan? Foto: iStock
Camilan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Tapi, berapa kali Anda perlu memberikan camilan pada anak?
Anak usia sekolah yang memiliki usia antara 7 hingga 9 tahun membutuhkan kalori sekitar 1850 Kkal per hari. Akan tetapi anak-anak tidak bisa sekaligus mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Sehingga diperlukan pembagian makan dalam satu hari.
"Kebutuhan energi 1.850 kalori bisa dibagi menjadi tiga kali waktu makan utama. Dan dua sampai tiga kali selingan (camilan)," ungkap Sari Sunda Bulan, ahli gizi kepada detikFood (03/02).
Berapa Kali Dalam Sehari Anak Perlu Diberikan Camilan?Foto: iStock
Menurut Sari, besarnya camilan untuk anak adalah 10 persen dari kebutuhan mereka sehari. Sehingga jika kebutuhannya 1.850 kalori, maka camilan yang dianjurkan untuk anak adalah sekitar 180 sampai 200 kalori.
"200 kalori ini bisa Anda dapatkan dari 2 keping biskuit ditambah dengan 1 kotak susu kecil atau 2 lembar roti," jelas Sari.
Agar pemenuhan gizinya tercukupi. Ibu dianjurkan untuk memberikan sarapan sehat dan membekali makanan camilan saat di sekolah.
Berapa Kali Dalam Sehari Anak Perlu Diberikan Camilan?Foto: iStock
Para ibu dianjurkan untuk memilih jajanan sehat untuk anak yang aman. Caranya adalah dengan membekali si kecil makanan praktis namun sehat. "Sandwich isi, susu kotak dan buah potong bisa jadi pilihan," pungkas ahli gizi ini.
Pada prinsipnya, energi dapat menunjang kemampuan untuk melakukan kegiatan yang berasal dari makanan. Kandungan karbohidrat, protein, lemak hingga mineral bisa menghasilkan tenaga untuk tubuh.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan