detikfood

Selasa, 31/01/2017 18:16 WIB

Sedang Hamil? Jangan Lupa Makan Ikan dan Susu!

Lusiana Mustinda - detikFood
Sedang Hamil? Jangan Lupa Makan Ikan dan Susu! Foto: iStock
Saat hamil, asupan nutrisi harus diperhatikan. Agar pertumbuhan janin optimal, tiga nutrisi ini wajib dikonsumsi.

Sebelum merencanakan kehamilan, ada baiknya ketahui apa saja nutrisi yang ada dalam bahan makanan yang harus dikonsumsi. Protein menjadi salah satu nutrisi yang penting.

Protein saat kehamilan berfungsi untuk membantu pembentukan organ janin dan plasenta. Protein juga bisa membantu kurangi rasa lelah saat hamil. Dilansir dalam NDTV (31/01), hampir 90 persen wanita hamil di India menderita kekurangan protein.

Sedang Hamil? Jangan Lupa Makan Ikan dan Susu!Foto: iStock
Padahal protein bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan hewani seperti seafood, daging, susu, ikan, telur dan kacang-kacangan. Untuk wanita hamil, kebutuhan protein pastinya bertambah dari kebutuhan normalnya yaitu sekitar 0,5 gram per hari untuk trimester pertama.

Yang kedua, nutrisi yang penting adalah zat besi. Zat besi yang terkandunga dalam daging, hati ayam, telur dan beberapa jenis sayuran dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil.

Sedang Hamil? Jangan Lupa Makan Ikan dan Susu!Foto: iStock
Agar penyerapan zat besi optimal di dalam tubuh, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Selain itu menghindari teh 1 jam sebelum dan setelah mengonsumsi makanan tinggi zat besi juga bisa membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik. Selama kehamilan, wanita memerlukan sekitar 760 mg zat besi setiap harinya.

Selanjutnya ada kalsium yang sangat berperan penting dalam pembentukan tulang anak. Selain tulang, jantung, saraf dan otot juga dipengaruhi oleh asupan kalsium. Kalsium sangat mudah didapatkan dari makanan seperti produk susu, keju, yoghurt, ikan, sayuran hijau hingga sereal.

Sedang Hamil? Jangan Lupa Makan Ikan dan Susu!Foto: ilustrasi/thinkstock
Asupan kalsium yang disarankan selama kehamilan adalah 200 mg per hari.

Kebutuhan kalsium dan vitamin D akan meningkat selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi bayi. Jika asupan kalsium dan vitamin D tidak mencukupi, maka bayi akan mengambilnya dari tulang ibu. Hal ini bisa tingkatkan risiko osteoporosis pada ibu.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan