detikfood

Selasa, 24/01/2017 18:30 WIB

KopiKalyan: Menghirup Cafe Latte Ditemani Fish & Chips yang Renyah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
KopiKalyan: Menghirup Cafe Latte Ditemani Fish & Chips yang Renyah Foto: detikFood
Sore ini enaknya menyesap kopi sambil mencicip makanan gurih. Di KopiKalyan, ada cafe latte dan fish & chips yang renyah.

Coffee shop baru terus bermunculan di Jakarta. Salah satunya KopiKalyan di kawasan Cikajang yang banyak diperbincangkan. Kabarnya coffee shop ini menawarkan suasana cozy dengan pilihan makanan lengkap.

Penasaran dengan kreasi KopiKalyan, kamipun melipir ke sini. Bangunan kafe terasa luas karena dirancang tanpa sekat. Salah satu dindingnya berupa tembok semen yang belum dipoles sehingga memunculkan kesan 'unfinished' yang alami.

Sementara area barista untuk meracik kopi ada di bagian tengah. Menjadi satu dengan area pemesanan makanan dan minuman.

KopiKalyan: Menghirup <i>Cafe Latte</i> Ditemani <i>Fish & Chips</i> yang RenyahFoto: detikFood

KopiKalyan menyediakan ragam minuman kopi sebagai menu utama. Termasuk cafe latte, flat white, cappucino, espresso, Americano, dan piccolo. Ada juga minuman lain seperti smoothies, cokelat, dan teh.

Semakin lengkap karena di sini juga tersedia camilan, hidangan utama, dessert, dan all day brunch menu.

Penasaran dengan menu brunch-nya, kami mencicip Grilled Chicken Salad (Rp 64.000) di sini. Di dalam mangkuk lebar nampak isian salad tertutupi keju parmesan parut

KopiKalyan: Menghirup <i>Cafe Latte</i> Ditemani <i>Fish & Chips</i> yang RenyahFoto: detikFood

Isiannya antara lain lettuce, tomat ceri, crouton, fillet dada ayam panggang, dan sebutir telur di tengahnya. Salad begitu menyegarkan karena penggunaan lettuce dan tomat ceri yang asam.

Semakin enak dipadukan dengan crouton yang renyah dan keju parmesan gurih. Sebagai topping utama, dada ayam panggang juga memuaskan. Dagingnya empuk dengan balutan bumbu sederhana yang nikmat. Agaknya hanya dibumbui garam dan merica.

Telur utuhnya adalah telur ayam rebus yang digoreng sebentar. Sehingga permukaannya sedikit garing dan berwarna kecokelatan.

Masih belum puas dengan sajian gurih, Fish & Chips (Rp 70.000) jadi santapan selanjutnya. Nampak 3 potong ikan dori goreng tepung berukuran lebar disandingkan dengan saus tartar.

KopiKalyan: Menghirup <i>Cafe Latte</i> Ditemani <i>Fish & Chips</i> yang RenyahFoto: detikFood

Balutan tepungnya terasa garing renyah. Hanya saja terlalu tebal sehingga menutupi pemakaian ikan dori yang tak terlalu banyak. Akibatnya ikan doripun cenderung hancur saat dipotong.

Namun kami cukup menyukai cita rasa fish and chips yang gurih manis. Makin enak saat potongan ikan dicelupi saus tartar yang sedikit asam. Pelengkap kentang goreng dan tumis kacang polong menyempurnakan sajian ini.

Santap sore kami tutup dengan segelas Cafe Latte hangat (Rp 30.000) dan Almond Croissant (Rp 25.000). Hiasan latte art mempercantik tampilan kopi ini.

KopiKalyan: Menghirup <i>Cafe Latte</i> Ditemani <i>Fish & Chips</i> yang RenyahFoto: detikFood

Cafe Latte terasa pahit dan sedikit asam. Jejak rasa susunya yang gurih masih sedikit terlacak. Cita rasa kopi yang kuat rupanya berasal dari paduan biji kopi arabica yang berasal dari Sulawesi, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Almond croissant yang kami pesan tersaji hangat di meja. Begitu dipotong nampak adonan croissant tidak kokoh sempurna dan bagian dalamnya tidak berongga.

Croissant terasa manis dengan jejak butter yang gurih. Berpadu enak dengan potongan almond di atasnya.

Nah, kalau sore ini ingin ngopi sambil makan enak, KopiKalyan bisa jadi pilihan. Pilihan kopinya beragam dengan deretan makanan pendamping yang enak. Yuk, coba!



KopiKalyan

Jalan Cikajang 61, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telepon: 021 7223712

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close