detikfood

Kamis, 12/01/2017 18:42 WIB

Carpentier Kitchen: Ada Penne dengan Lelehan 5 Jenis Keju di Kafe Cozy Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Carpentier Kitchen: Ada Penne dengan Lelehan 5 Jenis Keju di Kafe Cozy Ini Foto: detikFood
Lagi di Surabaya? Mampirlah bersantap di sini. Carpentier Kitchen tawarkan penne panggang dengan lelehan 5 jenis keju yang gurih creamy. Yummy!

Wisata kuliner di Surabaya tak ada habisnya. Deretan menu tradisional seperti rawon, sate klopo, rujak cingur, hingga aneka penyetan jadi menu wajib saat berkunjung ke kota Pahlawan ini.

Seiring waktu, kafe-kafe modern juga bermunculan di Surabaya. Umumnya menawarkan konsep baru dan unik bagi pengunjung. Seperti Carpentier Kitchen yang detikFood sambangi di Jalan Untung Suropati, Surabaya.

Mengusung tagline One Small Business & Cafe, kafe milik pengusaha kreatif Alek Kowalski ini menyatu dengan butik ORE miliknya. Keduanya menempati bangunan kolonial peninggalan zaman Belanda.

Carpentier Kitchen: Ada Penne dengan Lelehan 5 Jenis Keju di Kafe <i>Cozy</i> IniFoto: detikFood

Berada di dalam kafe mata kami dimanjakan dengan jejeran produk fashion. Mulai dari baju, sepatu, hingga kaca mata. "Barang-barang yang dijual 80% merek lokal, sisanya impor dari luar," tutur Alek saat berbincang dengan detikFood (11/1).

Carpentier Kitchen ada di bagian belakang. Interiornya unik dengan kesan vintage yang kuat. Dominasi warna abu-abu, cokelat, dan putih memenuhi ruangan. Alek bercerita, "Kursi dan meja di sini adalah hasil buruanku dan istri saat mencari barang vintage. Lalu semuanya aku rekondisi sehingga tampilannya baru dan lebih modern."

Di area belakang, ada area luar ruangan yang teduh karena dindingnya dipenuhi tanaman hijau. Area dapurnya unik dengan mural Carpentier Kitchen bercat oranye. Menurut Alek, area dapur ini istimewa karena menempati gardu listrik zaman Belanda.

Mengenai menu, Alek mengaku sang istri-lah yang berperan besar dalam pembuatan menu. "Indera perasa dia bagus di makanan Barat. Aku bagian cicip-cicip saja," tambah Alek. Carpentier Kitchen menawarkan pasta, burger, spaghetti, hot dog, dan aneka dessert menggoda selera.

Carpentier Kitchen: Ada Penne dengan Lelehan 5 Jenis Keju di Kafe <i>Cozy</i> IniFoto: detikFood

Kami tak melewatkan menu andalan kafe, Penne & Cheese A la Carpentier (Rp 44.000) untuk santap sore. Lengkap dengan potongan sosis bratwurst sebagai toppingnya.

Dalam mangkuk besar, nampak pasta dipanggang bersamaan dengan keju. Kejunya istimewa karena memakai 5 jenis keju sekaligus. Tiga diantaranya adalah cheddar, mozzarella, dan parmesan.

Hmmm... Wangi gurih langsung menguar dari sajian ini. Saat penne diangkat, terlihat benang-benang tipis dari muluran keju. Kami jadi tak sabar menyantapnya!

Ternyata tampilan penne yang cantik juga menggambarkan cita rasanya yang nikmat. Kekenyalan penne-nya terasa pas dan menyatu enak dengan baluran keju. Meski memakai banyak keju, rasa gurihnya tak berlebihan. Makin istimewa dilahap dengan sosis bratwurst yang cita rasa dagingnya kuat.

Carpentier Kitchen: Ada Penne dengan Lelehan 5 Jenis Keju di Kafe <i>Cozy</i> IniFoto: detikFood

Grilled BBQ Chicken (Rp 42.000) juga jadi menu andalan Carpentier Kitchen. Potongan fillet ayam dipanggang hingga 8 jam sehingga kulitnya garing kecokelatan. Kami meminta saus BBQ dan jamur sebagai pendamping. Ada juga potongan brokoli dan jamur champignon di atas piring.

Wah, pantas saja olahan daging ayam ini jadi favorit! Kulitnya terasa kenyal juicy dengan irisan daging yang empuk. Tercecap rasa lada hitam yang khas dengan paduan gurih. Makin enak dicocol ke saus BBQ yang asam manis. Atau saus jamur yang gurih creamy.

Masih penasaran dengan menu lainnya, Virginia Cheese Wedges (Rp 30.000) jadi pesanan selanjutnya. Potongan kentang wedges dibaluri mayonnaise dan keju leleh. Taburan chili flake menyempurnakan sajian ini.

Carpentier Kitchen: Ada Penne dengan Lelehan 5 Jenis Keju di Kafe <i>Cozy</i> IniFoto: detikFood

Nyamm! Potongan kentang yang empuk berpadu enak dengan lelehan keju gurih dan mayonnaise yang sedikit asam. Sengatan pedas juga terasa dari kentang goreng karena pemakaian chili flake. Paduannya terasa pas di lidah kami.

Sebagai pencuci mulut, kami mencicip Chocolate Pancake with Nutella (Rp 39.000). Permukaan dua lembar pancake bundar diselimuti selai cokelat hazelnut, Nutella. Potongan strawberry dan whipped cream kemudian ditaruh di atasnya.

Carpentier Kitchen: Ada Penne dengan Lelehan 5 Jenis Keju di Kafe <i>Cozy</i> IniFoto: detikFood

Saat dipotong barulah terlihat ada selai kacang diantara lembaran pancake. Selai ini memberi sentuhan gurih enak pada sajian manis pekat ini.

"Kami menggunakan 80% bahan lokal untuk menu di kafe ini. Selain mengurangi biaya, kami ambil langsung dari petani sehingga tahu kualitasnya. Perdagangan juga lebih adil karena tidak ada orang ketiga. Bahan lain seperti daging ayam, kita lihat betul proses pemotongannya. Harus halal," jelas Alek. Ia bahkan menanam sendiri sayuran di lantai atas restoran. Salah satunya daun ketumbar.

Nah, bagi Anda yang sedang di Surabaya jangan lewatkan bersantap di sini. Sambil menyantap menu enak, Anda bisa berbelanja produk fashion lokal. Seru!



Carpentier Kitchen
Jalan Untung Suropati Nomor 83
Surabaya
Telepon: 031 5682074
Instagram: carpentierkitchen




(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan