detikfood

Rabu, 21/12/2016 06:25 WIB

Karena Sering Diplasukan, Lebih Teliti Jika Pesan Menu Daging Wagyu, Ikan dan Keju di Restoran

Lusiana Mustinda - detikFood
Karena Sering Diplasukan, Lebih Teliti Jika Pesan Menu Daging Wagyu, Ikan dan Keju di Restoran Foto: iStock
Ikan, daging sapi hingga kopi merupakan jenis makanan yang sering dipalsukan. Larry Olmsted habiskan waktu 4 tahun untuk mempelajarinya.

Penulis makanan yang berbasis di Amerika Serikat, Larry Olmsted menghabiskan waktu 4 tahun untuk menyelidiki dunia makanan palsu yang dijual dan dikemas di seluruh dunia. Mulai dari Jepang hingga Afrika Selatan. Hasilnya, semua disusun dalam bukunya 'Real Food, Fake Food'.

"Laut menjadi kategori terburuk dari semuanya. Salah satu makanan dengan tingkat pemalsuan yang tinggi adalah sushi," tutur Olmsted kepada The Independent (20/12).
Karena Sering Diplasukan, Lebih Teliti Jika Pesan Menu Daging Wagyu, Ikan dan Keju di RestoranFoto: GettyImages

Olmsted menambahkan bahwa, ketika Anda memesan ikan putih seperti kakap merah dam kerapu mungkin saja Anda mendapatkan ikan murah yang dibuat mirip ikan tersebut. Daging loster dan kaviar sangat rentan dipalsukan.

"Setidaknya restoran sushi memiliki satu jenis ikan palsu pada menu. Ini diuji mendekati 100 persen," jelasnya. Selain itu, makanan lain yang mudah dipalsukan adalah extra virgin oil, keju, madu, wagyu dan daging sapi kobe.

Olmsted menyarankan agar Anda tidak tergiur dengan 'menu hiperbola' dan harga yang cukup murah dengan bahan yang mahal.

"Waspadalah terhadap setiap kata sifat yang muncul untuk menambahkan nilai makanan. Seperti 'diberi pakan rumput', 'dry aged' (untuk daging sapi), 'tangkapan liar' untuk ikan dan organik untuk ayam. Serta klaim geografis seperti Alaska salmon," ungkapnya.

Walaupun banyak bahan makanan yang dipalsukan, Olmsted menyarankan agar membeli bahan makaman masih dalam bentuk aslinya seperti lobster dan seluruh jenis ikan.
Karena Sering Diplasukan, Lebih Teliti Jika Pesan Menu Daging Wagyu, Ikan dan Keju di RestoranFoto: iStock

Scotch Whisky, Champagne dan keju Parmigiano Reggiano jadi bahan makanan yang bisa diandalkan untuk keasliannya. Karena produk tersebut memiliki label yang bisa menjamin produknya. 
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan