detikfood

Minggu, 11/12/2016 09:08 WIB

Aplikasi Ini Bisa Deteksi Makanan Penyebab Perut Kembung dan Begah

Annisa Trimirasti - detikFood
Aplikasi Ini Bisa Deteksi Makanan Penyebab Perut Kembung dan Begah Foto: AIRE
Perut kembung bisa disebabkan oleh makanan. Aplikasi ini bisa membantu deteksi makanan penyebab perut kembung.

Tiap tahunnya, 3 juta orang Amerika menderita intoleransi makanan dan 1 dari 8 orang menderita gejala masalah pencernaan yang pengaruhi aktivitas keseharian mereka.

Oleh karena itu, startup Irlandia, FoodMarble kembangkan pelacak pencernaan portable. Aplikasi ini bisa menganalisa nafas dan mengindentifikasi bagaimana sistem pencernaan bereaksi pada makanan tertentu. Alat ini disebut AIRE yang dihubungkan dengan smartphone, bekerja menangkap gas dari perut yang dilepaskan oleh bakteri dan menilai makanan yang membuat pencernaan tak nyaman.

Aplikasi Ini Bisa Deteksi Makanan Penyebab Perut Kembung dan BegahFoto: Getty Images

Perangkat ini dilengkapi sensor deteksi gas, temperatur, dan kelembaban dalam sistem pencernaan. "Perangkat ini dikembangkan untuk membantu orang mengenali makanan mana yang sebabkan masalah pencernaan mereka," ujar Aonghus Shortt, PhD, CEO FoodMarble dikutip dari dailymail.co.uk (9/12/16)

Shortt menjelaskan saat makanan tidak dipecah dengan benar dalam usus kecil, mereka akan lewat tak tercerna ke dalam usus besar. Disana, bakteri akan memecahnya melalui proses fermentasi yang dapat melepaskan gas sehingga bisa timbul rasa sakit, kembung dan diare.

Untuk menghindari hal tersebut, orang harus tahu makanan apa yang jadi penyebabnya. Kini tidak perlu ditebak-tebak lagi tapi bisa dilihat lewat aplikasi smartphone. Pengguna AIRE cukup meniup perangkat selama 5 detik dan nafas akan dianalisia.

Aplikasi Ini Bisa Deteksi Makanan Penyebab Perut Kembung dan BegahFoto: AIRE

Agar data semakin lengkap, sebelumnya pengguna perlu mengisi data di aplikasi berupa pertanyaan yang biasa ditanyakan dokter. Seperti kebiasaan makan, tidur, apakah sedang stress, gejala yang sering dialami dan lainnya.

Aplikasi ini juga menyediakan saran menu nutrisi seimbang berdasarkan data pengguna. Saat memesan AIRE, perangkat yang berukuran kecil dikirim bersama sample makanan sehari-hari untuk menguji respon Anda pada fruktosa dan laktosa.

Cukup makan, dan gunakan perangkat tiap 15 menit untuk melacak pergerakan makanan. Kemudian bisa diketahui apakah itu cocok untuk Anda atau tidak. FoodMarble mengatakan cukup banyak waktu yang digunakan untuk mengembangkan desain dan teknologi kedokteran ini untuk sampai ke pasar konsumen.

Aplikasi Ini Bisa Deteksi Makanan Penyebab Perut Kembung dan BegahFoto: AIRE

Sekarang, AIRE ada dalam jumlah terbatas dengan pemesanan awal seharga $99 (Rp.1.300.000). Direncanakan, harga eceran perangkat nanti saat disebarluaskan pada 2017 adalah $149 atau sekitar 2 juta rupiah.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan