detikfood

Sabtu, 10/12/2016 09:00 WIB

Tren Makanan Sehat 2017

Gurih Enak Susu Kambing Bisa Jadi Pengganti Susu Sapi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Gurih Enak Susu Kambing Bisa Jadi Pengganti Susu Sapi Foto: Getty Images
Tahun depan susu kambing diprediksi makin populer. Dari segi nutrisi, susu kambing ternyata tak kalah dari susu sapi.

Tingginya permintaan susu sapi membuat persediannya di masa depan mungkin menyusut. Sebagai alternatif, banyak orang mulai beralih ke susu hewani lain. Salah satu yang paling populer adalah susu kambing.

Meski di Indonesia belum terlalu populer, nyatanya susu kambing sudah dikonsumsi lebih dari 1000 tahun silam di Timur Tengah. Kabarnya khasiat susu kambing tak kalah dari susu sapi.

Gurih Enak Susu Kambing Bisa Jadi Pengganti Susu SapiFoto: Getty Images
Mengenai hal ini, ahli gizi Jansen Ongko MSc, RD memberikan penjelasannya. "Susu kambing lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh sebab susu ini memiliki gelembung-gelembung lemak yang mudah memisahkan diri serta lebih kecil daripada susu sapi."

Pria berkacamata ini menambahkan, "Susu kambing juga memiliki sifat probiotik yang dapat membantu sistem pencernaan dengan baik."

Mengenai asam lemak, susu kambing ternyata punya asam lemak lebih tinggi 35% dibanding susu sapi yang hanya mengandung 17% asam lemak.

"Apabila diminum rutin, susu kambing bantu menormalkan tingkat kolesterol tubuh dan mensuplai kebutuhan kalsium untuk tulang," tambah Jansen. Bagi orang yang alami intoleran laktosa, susu kambing juga sering kali jadi pilihan.

Gurih Enak Susu Kambing Bisa Jadi Pengganti Susu SapiFoto: Getty Images
Selain itu, proses peternakkan kambing yang jadi penghasil susu dianggap lebih ramah lingkungan karena jejak karbonnya lebih rendah daripada sapi. Kambing juga lebih mudah beradaptasi di segala lingkungan, mulai dari gurun sampai gunung es.

Tak hanya diminum langsung, susu kambing kini sudah banyak diolah lebih lanjut. Seperti keju, krim, dan yoghurt.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan