detikfood

Rabu, 30/11/2016 11:52 WIB

Ternyata Cokelat Jadi Rahasia Kelezatan Dibalik Enaknya Sepotong Daging Wagyu

Lusiana Mustinda - detikFood
Ternyata Cokelat Jadi Rahasia Kelezatan Dibalik Enaknya Sepotong Daging Wagyu Foto: iStock/Ooditycentral
Wagyu jadi salah satu primadona daging sapi enak di dunia. Dengan sebaran lemak yang rata, daging ini punya citarasa gurih dan juicy. Apa rahasianya?

Kelezatan dibalik daging wagyu yang enak disebut-sebut karena tambahan cokelat sebagai pangan sapi. Selama 10 tahun terakhir, Mayura Station Farm di Australia Selatan telah memberi makan sapi dengan campuran cokelat serta permen, dan hasilnya spektakuler!

Ketika Scott de Bruin, selaku managing partner di Mayura Station, kembali ke peternakan ayahnya yang berada di pantai Limestone di Australia pada tahun 1998, ia ingin melakukan perlakuan khusus untuk hasilkan daging sapi yang nikmat.

Ternyata Cokelat Jadi Rahasia Kelezatan Dibalik Enaknya Sepotong Daging WagyuFoto: iStock/Ooditycentral
Akan tetapi ia tidak tahu persis bagaimana ia akan melakukan itu, sehingga ia berkonsultasi dengan spesialis gizi ternak dari Jepang dan menghabiskan dua tahun untuk bereksperimen dengan pakan yang berbeda-beda. Dan pada akhirnya ia mencampurkan pakan khusus biasa dengan cokelat, gummy bears, strawberry hingga krim.

Setiap sapi makan hingga 2 kilogram bubuk cokelat dengan campuran potongan cokelat Cadbury's setiap hari.

Dilansir dalam Oodity Central (29/11), alasan menambahkan cokelat untuk pangan sapi sehari-hari di Mayura Station dimulai sebagai percobaan sederhana, tapi akhirnya membuat daging sapi memiliki rasa yang mewah dan menjadi salah satu daging yang paling dihargai di dunia.

"Banyak pelanggan saya datang untuk menikmati daging Mayura, dua sampai tiga kali seminggu. Mereka suka dengan daging sapi yang memiliki sebaran lemak sempurna, kaya rasa dan bertekstur lembut," tutur Michelin Star Chef Umberto Bombana kepada Forbes Magazine.

Shane Osborn, Kepala chef dan pemilik Arcane Restaurant di Hong Kong menambahkan bahwa daging wagyu ini memiliki rasa manis yang unik, sedikit nuttiness dan ada seperti tekstur mentega yang membuat Mayura Beef ini jadi "The Ultimate Steak".

Meskipun ia pertama kali mulai memberi makan cokelat ternaknya pada tahun 2006, Scoot de Bruin mengatakan bahwa di tahun 2010 ia kembali memberikan pakan biasa kepada hewan ternaknya. Dua bulan kemudian, klien mulai menelepon dan bertanya, 'apa yang Anda lakukan? Wagyunya tidak seperti dulu lagi rasanya.' Jadi de Bruin segera kembali memberikan pakan dengan tambahan cokelat.

Ternyata Cokelat Jadi Rahasia Kelezatan Dibalik Enaknya Sepotong Daging WagyuFoto: iStock/Ooditycentral
De Bruin mengatakan ia mulai memberikan makan cokelat saat sapi berusia 30 bulan tetapi hanya sedikit. Ia akan meningkatkan jumlah cokelat jika mereka sudah dekat dengan waktu pemotongan.

"Konsumsi kalori yang tinggi dapat mengasilkan marbling yang dihasilkan pada daging lebih banyak," De Bruin kepada VICE Munchies.

Tidak seperti manusia, De Bruin mengatakan bahwa ternak dibesarkan dengan cokelat hanya selama empat bulan dan tidak ada efek negatif jangka panjang dalam sistem pencernaan mereka. Penambahan cokelat dalam pakan juga membuat mereka lebih bahagia sehingga kualitas dagingnya lebih baik.

Daging sapi mewah dari Mayura ini kabarnya dijual dengan harga $288 atau sekitar 3.888.000 per 300 gram.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan