detikfood

Selasa, 11/10/2016 07:55 WIB

Dingin-dingin Enaknya Makan Curry Bread Wagyu Buatan Toyofuku

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Dingin-dingin Enaknya Makan Curry Bread Wagyu Buatan Toyofuku Foto: Munchies Vice
Curry bread sangat populer di Jepang. Roti goreng ini berisi kari yang gurih wangi. Disantap hangat-hangat, rasanya nikmat!

Curry bread dikenal dengan nama lain curry pan atau kare pan. Kabarnya sudah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu di Jepang. Berupa adonan roti berbalut tepung roti. Dengan kari khas Jepang sebagai isiannya.

Adonan tersebut lalu digoreng hingga luarnya renyah garing. Dijajakan di banyak toko, mulai dari bakery ternama hingga convenience stores atau combinis.

Munchies Vice (8/10) mengabarkan ada banyak jenis curry bread. Tetapi kriteria utama dari sajian ini adalah adonan roti berbentuk mirip bola rugby. Tekstur rotinya lembut dengan cita rasa manis ringan.

Dingin-dingin Enaknya Makan <i/>Curry Bread Wagyu</i> Buatan Toyofuku

Salah satu gerai yang terkenal akan sajian curry bread adalah Toyofuku di wilayah Asakusa, Tokyo. Di sini Tencho Nori Masayuki mengolah daging premium Jepang (kurogewagyu) sebagai bahan pembuatan kari yang jadi isian roti.

Kurogewagyu berasal dari sapi wagyu berbulu hitam yang dibesarkan dengan perlakuan khusus. Di alam terbuka dengan kondisi tenang. Pakannya rumput pilihan dan tanaman lain yang ditanam tanpa bahan kimia.

Dingin-dingin Enaknya Makan <i/>Curry Bread Wagyu</i> Buatan Toyofuku

Sapi bahkan diberi akses pada mata air segar, dipijit, dan diberi sedikit bir dalam makananya. Perlakuan khusus ini kabarnya menghasilkan daging berharga mahal, manis, aromatik, dilimpahi lemak enak, dan bertekstur lembut.

Gerai Toyofuku berada di antara penjaja makanan pinggir jalan lain di dekat kuil Asakusa. Ada dua rasa curry bread yang ditawarkan yaitu regular dan pedas (karakuchi).

Menurut Masayuki, curry breadnya terjual hingga 400 buah per hari saat musim panas. Dan 700 buah pada musim dingin. Kabarnya curry bread isi kurogewagyu begitu nikmat dengan potongan daging empuk di dalamnya. Karinya diberi red wine dan dimasak sekitar 8 jam. Menghasilkan cita rasa kari yang kaya sekaligus lembut.

Dingin-dingin Enaknya Makan <i/>Curry Bread Wagyu</i> Buatan Toyofuku

Rahasia lain dibalik kelezatan curry bread-nya adalah minyak untuk menggoreng. Masayuki menggunakan minyak biji kapas yang titik asapnya lebih tinggi. Sehingga menghasilkan tekstur roti yang renyah garing di luar, namun lembut empuk didalam.

Ia juga tak ragu menggunakan tepung panko berukuran lebih besar dari biasanya. Membuat curry breadnya bertekstur lebih krenyes renyah saat digigit. Lezatnya curry bread berisi wagyu ini hanya dijual 260 yen (Rp 32.674) per buah di Toyofuku. Oishii!
(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan