detikfood

Kamis, 22/09/2016 07:51 WIB

Si Kecil Tak Mau Minum Susu? Coba Buatkan Puding dengan Tambahan Buah

Lusiana Mustinda - detikFood
Si Kecil Tak Mau Minum Susu? Coba Buatkan Puding dengan Tambahan Buah Foto: Getty Images
Kalau si kecil menolak minum susu. Olah saja susu jadi puding yang lembut manis. Pasti ia suka!

Selain agar-agar, puding juga bisa dibuat dengan berbagai bahan bernutrisi ini. Kecuali enak tentu tampilannya menarik selera anak. Ini beberapa bahan kaya nutrisi yang sebaiknya dipakai dalam membuat puding.

1. Susu
Dalam 250 ml susu mengandung kalori sekitar 146, lemak 8 gr, karbohidrat 13 gr, protein 8 gr dan 350 mg kalsium. Dalam sehari si kecil membutuhkan sekitar 400 hingga 500 mg kalsium. Dengan memakai susu dalam puding ada tambahan asupan kalsium yang bisa membantu pertumbuhan tulang serta gigi si kecil.

2. Buah
Buah seperti pisang, alpukat, strawberry hingga mangga bisa dipadukan dalam puding. Pisang yang bertekstur lembut dan manis ini juga kaya akan serat, vitamin C dan kalium. Kandungan seratnya dapat meningkatkan energi dengan cepat. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung kalium sekitar 422 mg. Sedangkan strawberry dan mangga kaya akan vitamin C, serat dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh si kecil.

3. Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang kaya akan isoflavon yang berperan sebagai antioksidan. Isoflavon bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas berbahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, edamame juga mengandung serat yang sangat baik untuk lancarkan pencernaan. Jika ingin membuat puding edamame yang enak, Anda dapat lihat resepnya di sini. http://m.detik.com/food/readresep/1992/1348
4. Putih telur
Putih telur yang dikocok hingga mengembang jadi salah satu cara hasilkan puding bertekstur lembut. Putih telur biasanya sering disajikan dalam puding busa. Kocokan putih telur yang sudah mengembang kemudian dituang dengan air rebusan agar-agar yang masih panas sehingga akan membantu mematangkan putih telur. Putih telur ini mengandung protein yang dapat membantu pembentukan jaringan tubuh si kecil.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan