detikfood

Rabu, 07/09/2016 10:46 WIB

Selain Jahe, Teh Hijau dan Madu Bisa Atasi Flu dan Demam (2)

Aisyah Kamaliah - detikFood
Selain Jahe, Teh Hijau dan Madu Bisa Atasi Flu dan Demam (2) Foto: Getty Images
Penyakit flu dan demam bisa diatasi dengan bahan alami. Anda bisa meracik sendiri dari bahan-bahan di dapur.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau atau dan vitamin C pada jeruk bisa jadi obat flu dan deman yang ampuh.

7. Teh herbal dan teh hijau
Teh hijau bisa mengobati pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Teh herbal seperti chamomile, teh jahe dan teh hijau memiliki anti-oksidan khusus yang dikenal sebagai EGCG (epigallocatechin gallate) yang bisa mencegah bakteri dan virus.

Polifenol dan flavonoid dalam teh hijau turut meningkatkan daya tahan tubuh. Minum secangkir teh hijau hangat yang ditambahkan sesendok madu untuk mengatasi flu dan sakit tenggorokan.

8. Daun basil

Daun basil yang harum ini mengandung senyawa anti-bakteri, anti-jamur dan anti peradangan. Bekerja secara efektif untuk pengobatan demam, flu, flu babi, bronkitis, malaria, sakit kepala dan sakit tenggorokan.

Bisa membersihkan dahak dan penyumbatan saluran pernapasan. Bisa juga sebagai obat nyeri otot. Untuk atasi pilek, cuci dan rebus 8-10 daun basil dengan teh dan minum secara teratur.

9. Night Jasmine

Jika mengalami flu, sakit tenggorokan atau batuk kronis, minum ekstrak dari 5-8 daun jasmine yang telah dicampurkan dengan satu sendok madu. Senyawa Mannitol, asam oleanolic dan asam tannic yang ditemukan dalam daun memiliki sifat anti virus dan bisa memerangi penyakit seperti bronkitis, sakit tenggorokan dan demam. Juga membantu pertumbuhan rambut dan bisa untuk pengobatan untuk DBD, rematik dan infeksi kulit.

10. Cuka sari apel

Cuka ini bertindak sebagai anti virus, cuka sari apel bisa atasi penyakit flu,memerangi bakteri penyebab pilek. Tubuh memang menjadi lebih rentan terhadap virus dan bakteri bila dalam keadaan terlalu asam, tapi alkali dari cuka sari apel mempunyai pH tubuh seimbang dan ampuh atasi pilek.

Campurkan dua sendok cuka sari apel, satu sendok madu dan satu sendok jus lemon dalam segelas air hangat. Cuka sari apel juga melindungi jantung dan menurunkan kadar gula darah.

11. Kismis

Kismis tidak cuma enak dicampur ke dalam kue, tapi juga baik untuk kesehatan. Fitonutrien kismis memiliki sifat antibiotik dan antioksidan serta bisa membantu mengobati demam, batuk dan sakit tenggorokan.

Kismis juga membantu dalam mengurangi sembelit, meningkatkan kesehatan tulang dan mulut. Ia merupakan obat alami yang efektif untuk mendapatkan berat badan dengan cara yang sehat.

Untuk atasi pilek, giling segenggam kismis dan tambahkan dua sendok teh gula dan air kemudian panaskan hingga membentuk pasta kental,. Konsumsi satu sendok pasta kismis sebelum tidur.

12. Kunyit

Terkenal sebagai antiseptik, kunyit biasanya digunakan untuk obat pada luka. Senyawa Kurkumin adalah anti peradangan yang bisa melegakan nafas dan meredakan batuk.

Kunyit juga anti bakteri dan anti virus yang efektif melawan infeksi virus, batuk dan pilek. Cara terbaik untuk menggunakan kunyit untuk mengobati flu adalah dengan mengonsumsi dua sendok teh bubuk kunyit yang dicampur dengan segelas air hangat.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan