detikfood

Senin, 25/07/2016 19:15 WIB

'Rich Calcium Vegetable Cream Soup' untuk Ibu Hamil Antar Tim IPB jadi Finalis Kompetisi DSDC

Lusiana Mustinda - detikFood
Rich Calcium Vegetable Cream Soup untuk Ibu Hamil Antar Tim IPB jadi Finalis Kompetisi DSDC Foto: detikFood/iStock
Mahasiswa Indonesia ini membuat penelitian baru. Berupa inovasi produk makanan bergizi dalam kompetisi DSDC di Chicago, Amerika Serikat.

Kompetisi internasional DSDC (Developing Solution for Developing Countries Competition) dan IFTSA (IFT Student Association) merupakan salah satu kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh IFTSA. Merupakan rangkaian acara tahunan "IFT Annual Meeting and Food Expo" yang terbuka untuk mahasiswa program sarjana atau pascasarjana. Baik dari domestik Amerika Serikat maupun internasional.

Tahun 2016 ini merupakan yang kedelapan kalinya diselenggarakan dan setiap tahunnya panitia DSDC-IFTSA menetapkan tema tertentu. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah "Pengembangan Produk Untuk Memenuhi Kebutuhan Kalsium Bagi Ibu Hamil Di Negara Timur Tengah atau Sudan Selatan". Para peserta ditantang untuk menciptakan inovasi pangan bagi ibu hamil.

Didukung oleh Nutrifood, pada tanggal 16-18 Juli lalu, dua tim mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun ini mendapatkan Honorable Mention sebagai dua tim dari tiga finalis kategori internasional yang terpilih dari 56 tim dari 11 negara.

Kedua tim mahasiswa IPB ini disandingkan dengan berbagai jajaran universitas luar negeri lainnya, seperti Universidad de Costa Rica McGill University, Rutgers University, dan Cal Poly San Luis Obispo.

Tahun ini menjadi tahun ke-lima Nutrifood mendukung keikutsertaan tim mahasiswa Teknologi Pangan IPB pada acara DSDC.

"Tema DSDC-IFTSA tahun ini terkait pemenuhan nutrisi pada ibu hamil, sesuai dengan salah satu tujuan Scalling-Up Nutrition (SUN) movement, selain isu stunting, kekurangan mikronutrisi pada anak dan obesitas," tutur Astri Kurniati, Nutrition and Health Science Manager Nutrifood dalam acara Media Briefing DSDC, di Spumante Restaurant Menteng (25/07).

Astri menambahkan hal ini menunjukkan bahwa kondisi calon ibu sangat penting. Tidak hanya saat hamil, namun juga sebelum masa kehamilan.

Ada dua tim dari IPB yaitu Sun-Ami mengangkat tema berjudul "Nutritious Flatbread To Alleviate Pregnancy Related Problems in South Sudan" yang terdiri dari Cynthia Andriani, Michael Liong dan Saiful Pratama.

Sedangkan untuk tim Creve dengan judul "Rich Calcium Vegetable Cream Soup" yang terdiri dari Lidwina Monica, Eric Prasetya dan Faradis Rahmawati.

Sudan Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki pertanian terkaya di Afrika. Akan tetapi Sudan juga menjadi negara yang baru berdiri dengan 78 persen dari 12 juta populasi tinggal di wilayah pedesaan.

"48 persen dari perempuan Sudan sudah menikah dengan usia sekitar 15-19 tahun. Pernikahan dini ini berpengaruh pada risiko tingginya kematian dan pertubuhan bayi yang sangat buruk," tutur Saiful Pratama, salah satu tim mahasiswa dari IPB.

Sedangkan di Mesir angka kematian ibu sangatlah tinggi. "Ada 84 kematian bayi dalam kandungan (keguguran) per 100.000 kelahiran yang hidup," jelas Lidwina Monica dalam presentasinya.

Produk Nutrition Flatbread dari tim Sun-Ami merupakan panganan yang terbuat dari bahan-bahan lokal seperti bayam, kacang, susu, moringa, garam dan gula serta kalsium, asam folat dan zat besi yang baik untuk perkembangan janin.

"Sehingga diharapkan mampu mengatasi permasalahan kehamilan di daerah Selatan seperti malnutrisi serta kondisi ekonomi yang sulit membeli pangan bergizi, karena harganya lebih terjangkau," tambah Saiful.

Sementara itu, Creve mengambangkan produk pangan berbentuk sup siap saji yang terbuat dari bahan baku seperti bayam, okra, susu bubuk dan tepung sorgum untuk ibu hamil di daerah Mesir.

"Meski dalam kompetisi tahun ini belum berhasil merebut gelar juara, namun dengan terpilih sebagai Finalis, penemuan mahasiswa IPB ini telah diapresiasi secara internasional dan tentu menjadi kebanggan bahwa Indonesia mampu melahirkan peneliti-peneliti yang berkualitas dan bisa bersaing secara global," jelas Dr. Ir. Adil Basuki Ahza M.Sc, selaku dosen pembimbing dari IPB.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close