detikfood

Kamis, 12/05/2016 09:46 WIB

Redam Stres dengan Konsumsi 10 Makanan Kaya Nutrisi Ini (1)

Fran Sisca - detikFood
Redam Stres dengan Konsumsi 10 Makanan Kaya Nutrisi Ini (1) Foto: Thinkstock
Beban pekerjaan sering membuat orang stres. Keadaan ini membuat tubuh kekurangan sejumlah nutrisi penting. Karenanya perlu diimbangi dengan asupan makanan sehat.

Rasa lelah dan stres justru sering mendorong orang konsumsi junk food atau camilan tak sehat. MenurutĀ Mens Fitness (05/05) makanan tersebut justru tak bisa memberi meredam kecemasan. Sebaiknya konsumsi 10 makanan bernutrisi ini.

1. Asparagus
Saat stres tubuh kekurangan asam folat. Sedangkan asparagus kaya akan asam folat dan dapat memenuhi 2/3 kebutuhan harian. Asparagus bisa ditumis atau direbus dan dijadikan campuran salad.

2. Alpukat
Vitamin B diperlukan tubuh untuk kesehatan syaraf dan sel-sel otak. Kekurangan vitamin B, dapat menyebabkan rasa cemas dan stres. Selain itu alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan potasium dalam alpukat, yang dapat membantu turunkan tekanan darah.

3. Blueberry


Buah mungil ini kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat meredakan stres. Di saat stres tubuh perlu asaupan vitamin C dan antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan. Paling baik buah ini dikonsumsi dengan yogurt tawar atau sereal.

4. Susu
Minum segelas susu hangat sebelum tidur merupakan obat untuk insomnia dan rasa cemas. Karena susu mengandung antioksidan, vitamin B2 dan B12, protein dan kalsium.

Kandungan Lactium protein pada susu memiliki efek menenangkan dengan menurunkan tekanan darah. Sedangkan kandungan kaliumnya membantu meringankan kejang otot yang dipicu oleh perasaan tegang.

5. Almond


Almond kaya akan vitamin B2 dan E dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada saat stres. Konsumsi segenggam almond panggang sebagai camilan sehat.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan