detikfood

Kamis, 17/03/2016 14:08 WIB

Sluurp! Bir Enak Ini Diolah dari Air Limbah Rumah Tangga

Fran Sisca - detikFood
Sluurp! Bir Enak Ini Diolah dari Air Limbah Rumah Tangga Ilustrasi: Foxnews
Krisis air berkepanjangan membuat sebuah perusahaan bir mencoba mengolah air limbah menjadi bir. Meskipun bir rasanya seenak bir dari air biasa, bir ini belum dipasarkan.

Dilansir dari Foxnews (16/03), Half Moon Bay Brewing Company melalui Mavericks Tunnel Vission telah mendaur ulang air limbah dalam jumlah kecil. Air limbah ini berupa air berkas cuciani baju, piring atau air bekas dari kamar mandi dan mesin cuci piring.

Pada tahun 2014, Lenny Mendonc, pemilik Half Moon Bay Brewing mendekati Russ Drinker, seorang arsitek yang populer. Ia ingin mencari solusi krisis air di California.



Teknologi yang digunakannya adalah teknologi daur ulang air NASA dengan manfaat untuk mengubah air limbah menjadi air bersih dengan harapan dapat menjadi solusi baru untuk memasok minuman di Califonia.

Seperti diketahui krisis air di California sejak musim panas agak mengkhawatirkan. Hal ini mengancam usaha restoran dan juga rumahtangga.

Menurut Drinker jika orang California benar-benar ingin menghemat air makan mereka harus mendaur ulang air bersih. Ia melihat Mendonca punya niat serius.

Mereka memakai teknologi daur ulang NASA yang dipakai astronot Scott Kelly untuk mengolah air kensing dan keringatnya di International Space Station. Kali ini diterapkan pada limbah air IPA.



Bir terlihat berwarna sedikit lebih gelap. Namun dalam uji rasa, orang tidak dapat membedakan antara minuman yang didaur ulang dari air limbah dan bukan.

‘Produk ini menunjukkan pentingnya air. Karenanya jika saya bisa memperlihatkan pada orang bahwa air limbah juga baik mengapa tidak dipakai juga untuk hal lain?, demikian ungkap Mendonca Guardian.

Sejauh ini, bir sudah dua kali diuji rasa dan juga sudah ada sejumlah rencana uji rasa pada pada (23/03) di acara Silicon Valley Air Choice Conservation Awards di Google. Juga pada bulan Juni di konferensi IDEAS di Los Angeles.

Mary Oldham, juru bicara dari pembuatan bir mengatakan bahwa minuman bir memiliki potensi untuk menjadi sukses. Saat ini Mendonca sedang fokus menggunakan bir untuk mendidik masyarakat.

Perusahaan bir ini telah memberi bantuan kepada anggota parlemen Califonia Rich Gorson untuk mengahadapi larangan pemakaian air limbah untuk pendidikan dan lingkungan.

Adanya aturan yang mengijinkan pengolahan limbah air menjadi air minum akan menjadi sebuah langkah besar. Bir hasil olahan air limbah ini belum dipasarkan.

(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan