detikfood

Jumat, 11/03/2016 11:35 WIB

Jika Rambut Rontok, Rutinlah Konsumsi Mangga, Telur dan Kentang (1)

Fran Sisca - detikFood
Jika Rambut Rontok, Rutinlah Konsumsi Mangga, Telur dan Kentang (1) Foto: Getty Images/Thinkstock
Rambut yang alami kerontokan lebih dari 100 helai per hari, perlu diwaspadai. Karena bisa memicu terjadinya kebotakan. Langkah awal perhatikan asupan makanan untuk kesehatan rambut.

Ada beberapa penyebab rambut rontok. Bisa karena efek pengobatan, hormonal atau kekurangan asupan nutrisi. Karenanya perhatikan asupan makanan yang bisa memelihara kesehatan rambut atau mencegah kerontokan. Beberapa bahan makanan sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan rambut.
 
1. Kombinasi makanan bervitamin C dan E



Vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen untuk mendukung folikel rambut dan membuat pembuluh darah di kulit kepala yang sehat. Selain itu, Vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Agar mendapatkan manfaat maksimal padukan makanan kaya vitamin C dengan makanan yang kaya vitamin E.

2. Makanan berprotein



Meskipun rambut terbuat dari 90 % protein, jumlah protein yang berlebihan tidak dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Jika kekurangan protein rambut akan mudah rontok. Sumber protein bisa dari hewani seperti daging dan telur atau nabati dari tahu dan tempe.

3. Cukupi kebutuhan vitamin A



Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan sel dan jaringan tubuh yang sehat, termasuk rambut dan kulit kepala. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rambut rontok dan menipis.

Konsumsilan makanan yang mengandung Beta-Carotene dan Vitamin A seperti sayuran hijau dan oranye dan buah-buahan. Misalnya bayam, brokoli, wortel, ubi jalar, labu, mangga, melon, dan aprikot.

4. Makanan kaya vitamin B



Vitamin B kompleks, khususnya Vitamin B6 (pyridoxine),), B12 (riboflavin), B9 (asam folat), B7 (biotin), B5 (pantothenic acid), dan B3 (niacin) sangat diperlukan untuk rambut sehat. Karenanya pastikan dalam setiap menu dilengkapi dengan makanan kaya vitamin B. Seperti daging, sawi, brokoli, terung, jamur dan beragam kacang-kacangan.

(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan