detikfood

Kamis, 03/03/2016 14:36 WIB

​Jajan Enak di Stasiun Kereta Api

Sluurp! Gurih Berempah Sop Janda Cikini dengan Isian Komplet

Lusiana Mustinda - detikFood
 Sluurp! Gurih Berempah Sop Janda Cikini dengan Isian Komplet Foto: detikFood
Kalau sedang berada​ di Stasiun Cikini, Anda bisa mampir ke Sop Janda berkuah gurih hangat. Cikini menjadi salah satu kawasan tempat ber​agam​ makanan enak.

Berada di seb​e​rang pintu masuk Stasiun Cikini, Sop Janda membuka warung tendanya sejak pukul 06.00 sore hingga jam 12 malam. ​P​ersis di depan kantor ESDM yang menempati sisian trotoar.

Mendengar kata "Sop Janda" pasti yang Anda pikirkan adalah seorang wanita yang ditinggal suaminya. Arief Nurzain, pemilik Sop Janda Cikini sudah membuka warung tendanya sejak tahun 2010 silam.

Foto: detikFood

"Dinamakan Sop Janda karena yang punya orang Jawa dan kebanyakan karyawan saya Sunda. Pas digabung namanya jadi unik," tutur Arief Nurzain kepada detikFood (02/03).

Buka sekitar pukul 6 sore hingga 12 malam, Sop Janda Cikini menyediakan aneka makanan enak seperti Sop Janda, Sop Buntut, Sop Daging, Soto Mie, Soto Betawi hingga Kebuli Daging dan Ayam.

Dulunya Sop Janda Cikini ini berada di sebrang KFC. Tapi sudah 9 bulan lalu, warung sop ini pindah ke tikungan Pasar Kembang sekitar 50 meter dari depan stasiun Cikini.

Setiap harinya sekitar 8 Kg daging iga diolah oleh Arief untuk menyediakan sop janda hingga sop Betawi di warungnya.

"Sehabis Dzuhur saya sudah mulai meracik bumbu hingga daging. Semuanya saya yang masak, para karyawan hanya jadi operator saja di warung," jelas pria yang pernah bekerja di salah satu Hotel di Jakarta Pusat ini.

Pada Minggu (28/02), detikFood mencicip seporsi Sop Janda (Rp 24.000) dan Nasi Kebuli Ayam (Rp 22.000).

Sop Jandanya disajikan dalam mangkuk berwarna hijau. Kuahnya bening dengan jejak minyak dengan aroma segar. Isiannya berisi potongan iga sapi, tomat, kacang merah, bakso sapi, telur puyuh dan kentang.

Foto: detikFood

Kuahnya gurih dan segar. Cocok sebagai penghangat tubuh di malam hari. Sayangnya, saat kami mencicip tidak ada cabai rawitnya hanya ada sambal yang bisa Anda campurkan untuk menghasilkan rasa pedas.

"Dulu, kami memang mencampurkan cabai rawit langsung ke dalam sop janda. Tapi sering ada keluarga yang makan ke sini tapi karena pedas anaknya ​ng​gak bisa makan sopnya," tambahnya.

Hal inilah yang membuat Sop Janda kini tidak dicampurkan dengan cabai rawit. Tapi bagi Anda pecinta makanan pedas jangan khawatir. Selain bisa menambahkan sambal yang sudah disediakan di meja, Anda juga bisa meminta penjual untuk menambahkan rawit pada sop Anda agar rasanya pedas mantap.

Menurut sang pemilik, penambahan rasa pedas bisa menghilangkan esensi cita rasa asli dari sopnya. Sehingga kini sop janda cikini hanya membuatkan rasa pedas untuk Anda yang memintanya.

Selain sop, detikFood juga mencicip nasi kebuli. SJC punya dua jenis nasi kebuli yaitu ayam dan sapi. Menurut Arief, penggunaan daging untuk nasi kebuli dipilih sapi bukan kambing, karena pelanggan lebih banyak yang suka daging sapi.

Foto: detikFood

Nasi kebuli ini bisa jadi pilihan Anda yang suka dengan makanan kaya rempah. Nasinya yang gurih disajikan dengan ayam dan acar yang segar.

"Karena yang banyak dipesan adalah sop janda. Kalau sehari beras untuk nasi kebuli kita masak hanya sekitar 3 liter. Karena kalau nasi kebuli lebih sering dipesan untuk acara-acara," pungkas Arief.

Oh ya, sop janda ini memiliki nama Sop Janda Cikini yang memiliki dua cabang di Jakarta yaitu Cikini dan Percetakan Negara. "Karena ada beberapa nama Sop Janda seperti di Cengkareng dan Kalimalang. Jadi nama sop kita adalah Sop Janda Cikini (SJC)," tambahnya.

Menurut salah satu pengunjung berpendapat, “Pertama kali sih ke sop janda ini. Rasanya enak kuahnya berempah banget, isinya juga gak cuma daging tapi ada yang lain juga. Cocoklah dimakan malem-malem gini,” ujar Ari saat ditemui detikFood.

Nah, jika sedang transit atau lewat Stasiun Cikini Anda bisa mampir ke warung Tenda Sop Janda Cikini ini. Yuk, coba!

(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan