detikfood

Kamis, 25/02/2016 13:10 WIB

​Jajan Enak di Stasiun Kereta Api​

Kawasan Stasiun Kereta Api Kini Punya Aneka Makanan Enak

Maya Safira - detikFood
Kawasan Stasiun Kereta Api Kini Punya Aneka Makanan Enak Foto: Detikfood
Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line kini jadi pilihan moda transportasi warga Jabodetabek. ​Tak heran jika kini​ banyak penjaja makanan ​enak ​di sekitar stasiun kereta.

KRL telah beroperasi sejak tahun 1976 di Jakarta. ​Jumlah gerbong dan jalur kereta terus ditambah seiring perkembangan kebutuhan masyarakat. ​Sampai saat ini KRL melayani rute komuter di wilayah Jabodetabek.

Beberapa tahun belakangan, KRL Commuter Jabodetabek yang dioperasikan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), tampil makin baik. Gerbong-gerbong KRL di jalur ini pun seluruhnya sudah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC).

Anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu juga menambah jumlah armada KRL lebih banyak. Begitu pula dengan pemberlakukan e-ticketing untuk mempermudah transaksi perjalanan.

Untuk stasiunnya sendiri, tampilannya lebih bersih dan terawat. Adanya peningkatan fasilitas KRL membuat penjaja kaki lima yang dulu menempati sudut-sudut stasiun ikut tergusur.



Sebagai gantinya muncul berbagai mini market yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Terdapat juga beberapa gerai makanan internasional seperti KFC dan Starbucks. Walau sempat memicu protes, kini PT KCJ bisa menghadirkan suasana stasiun lebih baik dan nyaman.

Fasilitas semakin baik membuat masyarakat kian banyak memilih KRL Commuter yang cepat dan murah. Apalagi melihat kondisi jalan raya yang kian macet.

Stasiun kereta pun makin ramai oleh penumpang. Kepadatan terjadi saat pagi dan sore hari, ketika jam pergi maupun pulang kantor. Terutama di stasiun besar seperti Sudirman, Manggarai, Bogor, Cikini, Kota dan lainnya.

Kondisi tersebut dimanfaatkan penjaja kaki lima yang ikut bermunculan di sekitar stasiun. Mereka menjual aneka makanan murah sekaligus mengenyangkan. Beberapa jajanan yang umum ada di sekitar stasiun antara lain gorengan, bubur ayam, soto, cilok, nasi goreng, bakso dan bakwan malang.



Pamor jajanan kaki lima itu tak pernah surut. Contohnya saja penjaja bubur ayam khas Sunda dan mie ayam lezat di stasiun Sudirman. Sedangkan di sekitar stasiun Manggarai ada nasi goreng Mang Bagol dan Bubur Cirebon Trusmi yang enak.

Disamping makanan kaki lima, restoran juga ada di lingkungan stasiun. Seperti restoran Padang, gudeg hingga soto ​Madura​ yang ada di sekitar stasiun Juanda.

​Apa saja jajanan enak yang ada di seputar stasiun di Jabodetabek? Ulasan khusus detikfood akan memberikan info lengkap. Kalau di akhir pekan ingin jalan-jalan naik kereta sambil jajan enak juga bisa.​

(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close