detikfood

Jumat, 12/02/2016 13:55 WIB

Cuca: Tapas 100 % Bahan Lokal yang Diracik Cantik Menggiurkan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Cuca: Tapas 100 % Bahan Lokal yang Diracik Cantik Menggiurkan Foto: detikfood
Sajian berporsi kecil khas Spanyol ditampilkan dalam paduan rasa dan warna-warni menarik. Lidah dimanjakan dengan permainan tekstur dan rasa yang indah. Menggiurkan!

Tapas menjadi sajian utama resto yang berhalaman luas ini. Di bagian luar taman ditata dengan kursi-kursi kayu. Sementara di area dalam ruangan dibatasi dinding kaca. Dari arah manapun bisa menikmati pemandangan kebun yang asri.



Bagian dalam restoran terasa lapang karena tak ada sekat dinding. Antara meja dipisahkan dengan tirai kain. Atau kalau mau bisa duduk di dekat open kitchen sambil mengamati kegiatan di dapur.

Sudah banyak orang merekomendasi resto Spanyol yang dimiliki oleh chef Kevin Cherkas dan Virginia Entizne ini. Kami duduk di bagian tengah karena ingin menikmati sinar matahari sore yang bebas menerobos kaca. Dari menunya sudah terlihat unik. Terdiri 3 bagian, Tapas, cocktails dan dessert.

Menu Tapasnya terdiri dari 4 kategori. Harvested berupa buah dan sayuran organik dari Bedugul, Hooked, seafood dari laut Jawa dan Bali, Farmed dari hasil perternakan lokal, menu spesial dan menu untuk grup.



Kami makin penasaran karena restoran ini mengklaim memakai 100% bahan lokal. Kami membuktikan lewat santapan pertama Cuban Corn (Rp. 50.000) dari menu Harvested. Tampilannya sangat apik dan cantik.

Empat jagung muda (puntren) ditata berjajar rapi dengan daunnya sedikit gosong disibak ke atas. Ada taburan keju parmesan parut dan cabai bubuk di permukaannya. Dalam gigitan pertama kami mendapati rasa renyah, sedikit manis, pedas, diselingi gurih parmesan dan sedikit jejak asam jeruk nipis.



Yang kedua kami memilih Crispy Fried Chicken (Rp.85.000) yang banyak disukai orang. Wah, kami langsung jatuh hati dengan tampilannya. Potongan ayam goreng berbaut wijen diselingi kol berwarna ungu dan taburan daun kemangi.

Krenyes renyah gurih ayam goreng jadi enak dikunyah dengan wijen bubuk yang mirip foam dan mayonnaise yang ada di sampingnya. Sementara coleslawnya terasa renyah segar. Perpaduan yang unik sensasinya di lidah. Pantas saja banyak orang jatuh hati pada sajian ini.

Awalnya kami ragu memesan BBQ Octopus (Rp.100.000). Namun, pelayan memastikan octopusnya sangat empuk. Ah, kami justru terpesona dengan tampilannya yang juga cantik!

Octopusnya dibakar agar gosong dengan balutan kelapa parut. Empuk benar. Diselingi renyah manis kelapa parut dan kembang kol yang sedikit gosong. Gazpacho yang hijau cerah ditaruh di bagian tengah. Rasanya sedikit pedas dari cabai hijau yang digiling. Irisan apel yang asam segar dan daun ketumbar yang harum membentuk paduan tekstur dan rasa yang enak.



Claypot mushroom rice (Rp.65.000) disajikan benar-benar panas mengepul dalam claypot hitam. Wangi nasi gosong tercium enak. Permukaannya ditutupi dengan rice pops dengan aroma gosong beras yang enak.

Saat diaduk di dalamnya ada beras merah yang lembut pulen dengan selingan jamur shitake, jamur enoki dan jamur kuping yang diiris kasar. Di bagian atasnya ada mayonnaise hijau yang creamy. Sementara potongan labu di dalam nasi memberi rasa legit.

Nasi yang panas ini memang harus dinikmati perlahan. Supaya bisa merasakan gurih kenyal jamur dan kaldu yang meresap dalam nasi. Renyah rice pops membuat nasi ini jadi unik rasanya.

O,ya sebelum bersantap kami sempat menikmati mocktail racikan Cuca. Menu minuman bisa dipesan alkohol dan nonalkohol. Mocktail Tokyo Mojito (Rp.65.000) disajikan dalam botol hijau. Warnanya hijau kekuningan segar.

Kecut segar jeruk nipis dengan lemon balm yang asam unik benar-benar menyegarkan. Apalagi bisa disesap perlahan dan bertahap karena dikemas dalam botol kaca.



Warna merah kuning yang cantik dari Blush Cocktail (Rp.60.000) sungguh memikat. Jus semangka merah ditaruh dalam gelas high ball. Sementara jus semangka kuningnya dibuat lolipop.

Untuk meminumnya, cukup lolipop dicelupkan dalam jus semangka merah dan biarkan hingga lumer perlahan dan menyatu. Rasa semangka yang manis dan sodanya makin segar.

Porsi berbagi yang ditawarkan ternyata cukup mengenyangkan. Jangan sungkan bertanya pada pelayan. Selain ramah mereka juga tahu persia tiap hidangan dalam daftar menu. Kalau datang malam hari suasananya lebih romantis apalagi jika bersantap di luar.

Cuca
Jalan Yoga Perkanthi
Jimbaran
Bali
Telpon: 0361-708066
Website: www.cucaflavor.com
(odi/odi)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan