detikfood

Kamis, 03/12/2015 07:13 WIB

Festival Steak Maranggi

Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Peserta Festival Steak Maranggi

Odilia Winneke - detikFood
Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Peserta Festival Steak Maranggi Foto: Thinkstock
Untuk pertama kalinya Festival Steak Maranggi akan digelar di Purwakarta Sabtu (5/12). Festival ini akan diikuti 75 peserta.

Sate Maranggi merupakan ikon kuliner Purwakarta. Sate yang terbuat daging sapi ini direndam bumbu baru kemudian dibakar di atas arang batok kelapa.

Kini sate Maranggi juga dibuat dari daging ayam dan daging kambing. Sate ini rasanya manis gurih dengan aksen ketumbar yang wangi.

Festival Steak Maranggi ini digagas oleh bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. ' Sate Maranggi merupakan kuliner pusaka Purwakarta yang harus dilestarikan. Karenanya sejak usia sekolah anak-anak diperkenalkan dengan maranggi,' jelas beliau saat bertemu detikfood (2/12) di Purwakarta.

Festival ini akan digelar hari Sabtu malam (2/12) dan diikuti oleh 75 siswa SMP, SMK dan SMU. Berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta.

1.Daging
Untuk daging yang dipakai sebagai bahan utama steak, bisa daging has dalam atau has luar sapi, daging has domba dan atau daging has kambing. Beratnya 300 gram – 500 gram, untuk takaran 2 porsi.




2.Bumbu
Bumbu yang dipakai untuk merendam daging atau mengolesi atau untuk saus harus berupa bumbu maranggi. Racikan Bumbu Maranggi dibawa dalam keadaan utuh dan digerus, dihaluskan atau dicincang di lokasi festival.

3.Teknik memasak
Untuk memasak steak peserta bisa memilih teknik memasak sesuai resep. Misalnya, tumis (stir fry), dipanggang, dibakar di atas api arang atau pan seared (dimatangkan di dalam wajan dengan sedikit minyak)



4. Bahan Pelengkap
Bahan pelengkap steak sesuai masing-masing resep. Misalnya setup sayuran atau kentang dan bahan lainnya. Dibawa dalam keadaan utuh dan segar atau belum dimasak.

5. Peralatan
Semua peralatan masak seperti kompor, wajan, panci, pisau serta peralatan lain dan meja saji disiapkan oleh peserta sendiri. Akan dipilih peserta dengan penampilan terbaik.



6. Penyajian
Peralatan makan untuk penyajian dibawa sendiri oleh peserta. Peserta bisa menyajikan Steak Maranggi di atas peralatan makan yang dibawa sendiri.

7. Waktu
Perserta diharapkan bisa menyelesaikan masakan dalam waktu 1 jam. Peserta harus sudah ada di lokasi pada jam 17.00. Peserta yang terlambat akan dinyatakan gugur.

Festival Steak Maranggi ini akan dimeriahkan dengan sejumlah atraksi menarik dan penjaja kuliner Purwakarta. Pengunjung boleh datang tanpa dipungut biaya.



(odi/odi)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close