detikfood

Rabu, 02/12/2015 05:47 WIB

Ini Cara Menyimpan Roti Tawar agar Tetap Segar

Lucia Essy Heriana - detikFood
Ini Cara Menyimpan Roti Tawar agar Tetap Segar Foto: Thinkstock
Roti yang berjamur terpaksa harus dibuang. Ini biasanya karena salah dalam penyimpanan. Padahal, ada cara agar roti tetap bisa dikonsumsi.

Roti tawar biasanya dikonsumsi dalam waktu sehari atau dua hari. Jika dalam jangka waktu yang pendek, Anda bisa menyimpan roti di dapur atau meja makan dengan menggunakan wadah tertutup yang kedap udara.

Wadah yang tertutup rapat akan membuat tekstur roti tetap lembut karena tidak langsung terkena udara. Namun, bagaimana jika roti yang Anda buat masih tersisa banyak?

Masa kadaluarsa roti memang cepat, hanya 2-3 hari saja roti bisa dikonsumsi. Namun, jika Anda masih ingin mengonsumsinya, potong roti yang tersisa dalam waktu maksimal 24 jam. Jangan sampai roti tersebut berjamur. Anda juga bisa mengolah sisa roti Anda menjadi crouton, tepung roti, atau puding roti.



Saat membeli roti tawar utuh, bungkus dengan kertas roti lalu masukkan dalam kantong plastik atau wadah bertutup yang kedap udara. Simpan dalam freezer hingga memberku.

Jika akan menyantap, diamkan roti di suhu ruangan beberapa saat, iris roti sesuai yang dibutuhkan lalu simpan sisanya dalam freezer.Biarkan irisan roti hingga lumer seluruhnya atau panggang langsung dalam toaster.

Tekstur roti akan 95% seperti roti yang baru matang dan jauh lebih baik daripada roti yang akan basi. Roti yang tersimpan dalam freezer akan tetap enak sedikitnya dalam jangka 6 bulan.

(odi/odi)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close