detikfood

Kamis, 29/10/2015 14:24 WIB

TASTE: Gurih Wangi Kari Ikan dan Laksa Singapura

Maya Safira - detikFood
TASTE: Gurih Wangi Kari Ikan dan Laksa Singapura Foto: Detikfood

Kalau berada di Singapura dan ingin mencoba kari ikan atau laksa dengan gaya berbeda, datang saja ke restoran ini. Ada juga chicken rice yang diracik lebih sehat dari biasanya.

Singapura terkenal dengan sajian lokal yang tersebar di hawker centre. Tapi bila ingin suasana baru dan makan lebih nyaman, cobalah sambangi restoran 'It's All About Taste' yang disingkat dengan 'TASTE' di Ibis Hotel Bencoolen. Lokasinya tak jauh dari Bugis Junction.

TASTE merupakan kepanjangan dari Taste About Simply Trying Everything. Restoran yang berdiri sejak tahun 2009 ini menyuguhkan beragam ikon kuliner Singapura. KF Seetoh, pendiri Makansutra sekaligus pakar makanan Singapura, sempat mendukung restoran TASTE. Ia juga bekerjasama dengan chef di TASTE, Casey Lai, untuk membantu pengembangan resep menu khas Singapura.

Restoran TASTE memiliki suasana modern dengan pencahayaan cukup terang. Ada area dalam yang biasa dipakai untuk breakfast buffet. Sedangkan bagian luar dengan bangku-bangku paduan warna merah dan putih terus digunakan selama makan siang dan malam. Terdapat juga Le Bar di dalam restoran.

Sementara itu, sajian yang ditawarkan TASTE ada beraneka ragam. Baik sajian lokal maupun internasional. Untuk hidangan Asia misalnya Beef Hor Fun, Fried Kway Teow, Nasi Lemak, Chicken Rice dan Laksa.

Beberapa sajian tertentu diberi simbol untuk menandakan menu vegetarian, mengandung babi dan bercitarasa pedas. Karena restoran buka 24 jam, ada menu yang hadir sepanjang hari seperti Chicken Congee, Fish Ball Kway Teow Soup, serta Ham and Cheese.

Kami pun tak melewatkan menu andalan restoran berupa Fish Curry seharga S$12 (Rp 116.000). Hidangan yang terinspirasi menu lokal Fish Head Curry ini berisi sepotong fillet ikan tilapia. Jenis sustainable fish tersebut dipadukan dengan aneka sayuran.

Tampak okra, zucchini, cabai besar, tomat ceri dan terung mengapung di permukaan kuah kari kuning yang beraroma rempah. Pemakaian daun kari memberi tambahan aroma wangi mengundang selera.

Kuah kari ini memiliki citarasa gurih kental karena ada pemakaian santan. Mengingatkan kami akan kari gaya Sumatra. Bedanya, terasa jejak asam seperti ada penggunaan asam Jawa pada kuah kari yang agak pedas.

Daging ikannya sendiri begitu lembut dan mudah dikunyah. Sedangkan untuk sayuran, tingkat kematangannya sempurna sehingga masih ada kerenyahan. Isian ini terasa komplet disantap bersamaan dengan kuah.

Untuk melengkapi sajian kari, ada beberapa potong roti prata. Roti yang lembut dengan permukaan garing ini begitu renyah dicocol ke kuah kari. Wah, tak terasa secepat kilat roti prata hilang dari hadapan kami!

Selanjutnya kami mencoba Laksa yang sama-sama dijual seharga S$12 (Rp 116.000). Menu favorit pengunjung ini memakai jenis bee hoon tebal. Teksturnya mirip dengan spaghetti.

Sebagai pelengkap mie, ada telur rebus, udang, fish cake, tau pok (tahu goreng), dan daun laksa kering. Adapun kuahnya yang berwarna jingga pucat memiliki aroma santan pekat bercampur bumbu laksa.

Bee hoon kenyal mulur nikmat disuap bersama kuah laksa yang gurih. Terdapat cecapan rasa rempah, cabai, dan udang dalam kuahnya.

Keberadaan pelengkap seperti tau pok dan udang renyah memberi rasa lezat pada laksa. Ada juga pendamping sambal berwarna merah kehitaman yang bisa ditambahkan pada kuah.

Tidak lengkap ke Singapura tanpa mencoba Chicken Rice. TASTE punya sajian chicken rice cukup berbeda karena dimasak dengan cara lebih sehat. Chicken Rice seharga S$12 (Rp 116.000) ini terdiri dari nasi, sup, sayuran dan ayam rebus.

Kami mengawali penjelajahan chicken rice dengan mencoba supnya. Sup bening tampil unik dengan potongan lotus, wortel dan lobak putih renyah. Rasa kuah ini agak manis karena seluruhnya memakai sayuran dan mengurangi garam. Tidak ada genangan minyak dan rasa ayam yang gurih pada kuah.

Ayam untuk chicken rice dimasak sampai matang 30% sehingga bertekstur lembut juicy. Ayam rebus ini tidak memiliki rasa, perlu dicocol ke parutan jahe muda dan sambal yang jadi pelengkapnya.

Di bawah ayam terdapat kailan dengan saus cokelat gelap yang bisa dipakai juga menambah rasa ayam. Sedangkan nasi untuk chicken rice memiliki semburat wangi jahe dan serai. Nasi ini dimasak memakai minyak ayam.

Ketika satu set chicken rice disantap bersama akan terasa lebih pas. Apalagi bagi yang mencari alternatif makanan sehat.

Sebagai pencuci mulut, ada pilihan cake, pudding, ataupun waffle. Selain itu, Anda pun bisa mencoba Chendol yang segar.

Berada di bawah naungan hotel Ibis, TASTE ikut mendukung pelestarian alam. Selain penggunaan bahan sustainable dalam makanannya, restoran TASTE juga bebas plastik. Baik untuk membungkus makanan dan perlengkapan makan semua tidak memakai plastik.

Kemasan untuk take away pun terbuat dari bahan jagung. Ada juga alat makan dari serat bambu. Semua dibuat khusus agar tetap menjaga lingkungan.

Nah, bila sedang berada di Singapura, coba saja mampir ke TASTE Restaurant.

TASTE Restaurant
Ibis Hotel Bencoolen
170 Bencoolen Street
Singapura 189657
Telp: +65 6593 2886

(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan